Skip to main content

Fungsi Lain Dari Fitur Import Pada Blogger

Beberapa fungsi lain yang mungkin belum terfikirkan banyak orang dari fitur import pada Blogger yang dapat dimanfaatkan sebagai sesuatu yang iseng tapi sah-sah saja dan mungkin bukan suatu dosa.
Utamanya, umumnya fitur import pada Blogger dapat di artikan atau bertujuan memindahkan antara keseluruhan konten Blog A ke Blog B atau konten dari Platform Blogging lain ke Blog Blogger kita.
Mungkin pernah terlintas difikiran anda bagaimana menjadikan Blog yang baru dibuat tapi tampak seperti Blog yang telah lama dibuat, bahkan seperti Blog yang sudah puluhan tahun lalu lamanya. Apa yang membedakan Blog lama dan Blog baru? tentu saja terletak pada tahun posting pertamanya bukan?
Saya tidak terlalu pintar tentang dunia Blogging tapi setau saya itulah perbedaan Blog lama dan Baru dan setau saya juga tahun posting tidak dapat di ubah. Benar begitu? Namun jika saya salah dalam persepsi tersebut mungkin posting ini pantasnya diberi judul ini saja: "Fungsi Lain Dari Fitur Import Pada Blogger Yang Mungkin Bikin Anda Gigit Jari!" yang artinya saya telah membuang waktu anda membaca posting ini alias bikin anda gigit jari sia-sia tapi saya berharap itu tidak akan terjadi tapi kalau memang harus terjadi maafkanlah anak iseng ini hihi.
Ada tiga fungsi lain selain fungsi utamanya:
1. Menjadikan blog baru tampak seperti blog yang sudah lama.
2. Solusi lain mengatasi blog rusak, rusak karena visitornya turun misalnya, broken link.
3. Fungsi pada Import ini bisa juga dipakai untuk mengganti/menghapus Label sebagaimana kita ketahui mengganti Label itu bukan perkara mudah tapi akan sedikit menjadi mudah dengan memanfaatkan fitur Import tersebut.
Langsung saja, caranya adalah Backup blog lama anda dan import ke blog baru maka blog baru anda akan jadi blog lama sebab kontenya berasal dari blog yang lama. Lalu bagaimana kalau kita tidak punya blog lama? Caranya adalah dengan meniru pola dari struktur xml hasil Backup tersebut. Buat tulisan baru apa saja dan kemas seperti struktur xml Backup tersebut lalu import ke tempat import di > Setelan > Setelan Lainnya > Import. Tentunya dengan terlebih dulu mengedit File.xml dari hasil Backup tersebut dengan menggunakan metode Replace dengan Jota+ atau App lainnya, timpa semua yang anda butuhkan, misal timpa semua tahun 2018 menjadi 2016 atau timpa Label 'Janda' menjadi 'Rondo'.
Dan terakhir mengenai blog rusak, menjadikan blog rusak menjadi baru. Ada beberapa hal yang menyebabkan blog jadi rusak karena pelanggaran hak cipta dan terlalu banyak broken link, biasanya terjadi pada blog bermuatan konten download. Di Blogger kita bisa saja ganti domain atau subdomain tapi broken link tidak akan hilang dan bila penyebab rusaknya karena pelanggaran hak cipta meski ganti domain/subdomain tetap akan terdeteksi sebagai pelanggaran setidaknya begitulah asumsi saya tapi dengan mengimportnya ke blog baru mungkin akan lain ceritanya. Pernahkah anda bertanya mengapa saya banyak menggunakan kata 'Mungkin' disini? Andai anda tau itu karena saya belum mencoba trik diatas semua itu hanya ide saja alias belum saya lakukan hehe.