Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Aplikasi Menu Pintas Khusus Samsung

Aplikasi One Hand Operation+ khusus untuk Smartphone Samsung berfungsi semacam menu pintas yang mengambang di sungai, eh di layar. Colek dari tepi layar maka akan muncul menu berupa alat untuk screenshot, tidurkan layar, tombol power dan masih banyak lagi, setelah muncul akan tenggelam dengan sendirinya sampai dimunculkan/colek kembali.

Daftar Menunya:
- Tombol kembali
- Tombol home
- Tombol power
- Kunci terbaru
- Tombol Menu
- Aplikasi sebelumnya
- Browser web
- Buka panel notifikasi
- Buka panel cepat
- Layar mati
- Senter
- Aplikasi bantuan
- Screenshot
- Tombol navigasi mengambang
- Tarik layar ke bawah
- Mode satu tangan
- Mulai aplikasi
- Pengalih tugas
- Alat cepat (yaitu yang kita pilih dari semua daftar diatas dapat ditambahkan kedalam fungsi ini. Inilah yang akan dicolek tersebut.)

Dan sesuai keterangan di Play store pihak Samsung berencana untuk menyediakan peningkatan fungsi tambahan selain yang diatas.

Bagi agan yang ingin menggunakan aplikasi ini saya jamin akan kebingungan pada pandangan pertama untuk itu dibawah ini akan saya terangkan secara singkat penggunaannya.

1. Conteng hidupkan.


2. Conteng gagang kiri atau kanan atau dua2nya. Ini bertujuan apakah ingin mencolek menu dari sisi kiri layar atau kanan atau keduanya. Sebaiknya atau anggaplah pilih yang kanan saja karena buat apa diaktifkan semuanya. Didalam gagang kanan ini juga terdapat pengaturan lagi sebagai berikut.

A. Pilih Lurus kiri atau Diagonal turun__, ini bertujuan apakah ingin mencolek lurus kekiri atau miring kebawah, sebaiknya aktifkan saja keduanya agar saat mencolek lurus atau miring tetap muncul, sebaliknya bila pilih lurus kekiri saja maka saat mencolek miring kebawah menu tidak akan muncul jadi ada baiknya aktifkan saja dua2nya. Didalam 'Lurus kiri dan Diagonal turun' ini juga terdapat pengaturan lagi yaitu memilih menu yang akan ditampilkan saat dicolek, saran saya pilih menu 'Alat cepat' saja karena didalamnya lagi kita bisa menambahkan, menghapus, atur posisi menu.

B. Tingkat Transparansi__, ini pilihan apakah ingin menampilkan titik area colekan. Pada dasarnya tidak asal colek langsung muncul menunya, kita harus mengatur terlebih dulu areanya, namun jika tidak ingin repot sebaiknya pada pengaturan 'Ukuran dan Posisi' pilih saja Besar/Tinggi sehingga sepanjang sisi layar kanan akan bisa menjadi area yang bisa dicolek, sedangkan Transparansi pilih ke Tinggi agar area colek tidak terlihat, kalau terlihat, layar bakal tampak jelek. Misal layar pakai gambar hitam, bakal ada pita/garis putih disepanjang sisinya, kan jelek itu.


3. Lebar sentuhan__, pilih paling besar dengan cara menggeser garis kekanan. Ini sebaiknya memang harus pilih paling besar atau sedang agar ketika mencolek tidak meleset, kalau pilih kecil kemungkinan tidak akan kena oleh colekan/sentuhan ujung jari, kecuali ujung jari agan sekecil lidi haha.

4. Jarak usapan__, pilih paling pendek, agar saat dicolek 'menu alat cepat' langsung muncul dan sebaliknya kalau pilih panjang akan lambat muncul.

5. Empat hal diatas hanyalah beberapa hal yang saya anggap inti/penting pada pengaturan halaman depan app ini dan masih ada pengaturan lainnya namun tidak perlu dijelaskan hanya setelan umum misalnya pengatur tingkat getaran dll.

Aplikasi One Hand Operation+ ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan melalui bar notifikasi bila dirasa mengganggu atau sedang tidak ingin digunakan, saat main game misalnya sebaiknya dinonaktifkan sementara, kurang lebih begini kalimatnya di bar tersebut _ketuk di sini untuk menampilkan/menyembunyikan handel_.

Fungsi paling dibutuhkan dari App ini mungkin fitur screenshot, tombol power dan matikan layar, agar tombol fisik awet dan sebagai solusi bila tombol fisik sudah terlanjur rusak. Buat sobat yang ingin mencoba silakan download di Play store dengan nama One Hand Operation+, jika tidak ada disana besar kemungkinan hape sobat tidak kompatibel dengan app ini.

Popular Posts

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s