Skip to main content

Aplikasi Menu Pintas Khusus Samsung

Aplikasi One Hand Operation+ khusus untuk Smartphone Samsung berfungsi semacam menu pintas yang mengambang di sungai, eh di layar. Colek dari tepi layar maka akan muncul menu berupa alat untuk screenshot, tidurkan layar, tombol power dan masih banyak lagi, setelah muncul akan tenggelam dengan sendirinya sampai dimunculkan/colek kembali.

Daftar Menunya:
- Tombol kembali
- Tombol home
- Tombol power
- Kunci terbaru
- Tombol Menu
- Aplikasi sebelumnya
- Browser web
- Buka panel notifikasi
- Buka panel cepat
- Layar mati
- Senter
- Aplikasi bantuan
- Screenshot
- Tombol navigasi mengambang
- Tarik layar ke bawah
- Mode satu tangan
- Mulai aplikasi
- Pengalih tugas
- Alat cepat (yaitu yang kita pilih dari semua daftar diatas dapat ditambahkan kedalam fungsi ini. Inilah yang akan dicolek tersebut.)

Dan sesuai keterangan di Play store pihak Samsung berencana untuk menyediakan peningkatan fungsi tambahan selain yang diatas.

Bagi agan yang ingin menggunakan aplikasi ini saya jamin akan kebingungan pada pandangan pertama untuk itu dibawah ini akan saya terangkan secara singkat penggunaannya.

1. Conteng hidupkan.


2. Conteng gagang kiri atau kanan atau dua2nya. Ini bertujuan apakah ingin mencolek menu dari sisi kiri layar atau kanan atau keduanya. Sebaiknya atau anggaplah pilih yang kanan saja karena buat apa diaktifkan semuanya. Didalam gagang kanan ini juga terdapat pengaturan lagi sebagai berikut.

A. Pilih Lurus kiri atau Diagonal turun__, ini bertujuan apakah ingin mencolek lurus kekiri atau miring kebawah, sebaiknya aktifkan saja keduanya agar saat mencolek lurus atau miring tetap muncul, sebaliknya bila pilih lurus kekiri saja maka saat mencolek miring kebawah menu tidak akan muncul jadi ada baiknya aktifkan saja dua2nya. Didalam 'Lurus kiri dan Diagonal turun' ini juga terdapat pengaturan lagi yaitu memilih menu yang akan ditampilkan saat dicolek, saran saya pilih menu 'Alat cepat' saja karena didalamnya lagi kita bisa menambahkan, menghapus, atur posisi menu.

B. Tingkat Transparansi__, ini pilihan apakah ingin menampilkan titik area colekan. Pada dasarnya tidak asal colek langsung muncul menunya, kita harus mengatur terlebih dulu areanya, namun jika tidak ingin repot sebaiknya pada pengaturan 'Ukuran dan Posisi' pilih saja Besar/Tinggi sehingga sepanjang sisi layar kanan akan bisa menjadi area yang bisa dicolek, sedangkan Transparansi pilih ke Tinggi agar area colek tidak terlihat, kalau terlihat, layar bakal tampak jelek. Misal layar pakai gambar hitam, bakal ada pita/garis putih disepanjang sisinya, kan jelek itu.


3. Lebar sentuhan__, pilih paling besar dengan cara menggeser garis kekanan. Ini sebaiknya memang harus pilih paling besar atau sedang agar ketika mencolek tidak meleset, kalau pilih kecil kemungkinan tidak akan kena oleh colekan/sentuhan ujung jari, kecuali ujung jari agan sekecil lidi haha.

4. Jarak usapan__, pilih paling pendek, agar saat dicolek 'menu alat cepat' langsung muncul dan sebaliknya kalau pilih panjang akan lambat muncul.

5. Empat hal diatas hanyalah beberapa hal yang saya anggap inti/penting pada pengaturan halaman depan app ini dan masih ada pengaturan lainnya namun tidak perlu dijelaskan hanya setelan umum misalnya pengatur tingkat getaran dll.

Aplikasi One Hand Operation+ ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan melalui bar notifikasi bila dirasa mengganggu atau sedang tidak ingin digunakan, saat main game misalnya sebaiknya dinonaktifkan sementara, kurang lebih begini kalimatnya di bar tersebut _ketuk di sini untuk menampilkan/menyembunyikan handel_.

Fungsi paling dibutuhkan dari App ini mungkin fitur screenshot, tombol power dan matikan layar, agar tombol fisik awet dan sebagai solusi bila tombol fisik sudah terlanjur rusak. Buat sobat yang ingin mencoba silakan download di Play store dengan nama One Hand Operation+, jika tidak ada disana besar kemungkinan hape sobat tidak kompatibel dengan app ini.