Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Cara Memodifikasi Template Notable Blogger



Template bawaan Blogger salah satunya bernama Notable, sesuai namanya template ini tidak memiliki table yaitu antara tampilan mobile dan desktop terlihat tampak sama saja hanya satu kolom, tidak seperti template lain yang biasanya pada tampilan mobile tampak responsive satu kolom sedangkan pada desktop dua hingga tiga kolom. Tapi bukan kolom yang ingin kita bahas disini melainkan penambahan widget dan sedikit memodifikasinya agar berbeda dari aslinya.

Pertama, kita mulai dari Header. Pada tampilan aslinya widget titel blog dikiri sejajar dengan widget kanan yaitu search, follow dan hamburger menu. Pada tampilan mobile, widget follow tersebut posisinya turun kebawah sehingga terlihat kurang menarik jadi saya nonaktifkan dengan cara tidak menconteng dan menambahkan widget follow di footer sebagai gantinya. Kebetulan saya menyukai susunan Header aslinya tersebut jadi tidak memodifikasinya, namun bila ingin sedikit tampilan berbeda kita bisa menggeser widget titel ketengah dan memindah hamburger-menu kekiri sedangkan widget search tetap dikanan.

Caranya yaitu dengan memindahkan HTMLnya saja dan pada cssnya cukup ubah float-right ke left. Sedangkan titel mungkin perlu ditambah text-align-center atau webkit-align. Dan widget search mungkin perlu dikurangi padding/marginnya menjadi nol agar menepi kekanan karena sebelumnya ada hamburger-menu disebelah kanannya yang sudah dipindah ke paling kiri.

Kedua, bagian Navigasi atau Pagelist. Rasa2nya widget ini kurang asik bila dipasang di Header sehingga saya nonaktifkan dan menggantinya dengan menambahkan widget label dibawahnya. Saya melihat formasi tersebut disitus2 berita semisal detik, kompas, yang menempatkan label/kategori di Header dan terlihat manis jadi saya tertarik menirunya.

Namun situasinya pada Template Notable ini widget label sudah dirancang sedemikian rupa dengan model seperti Toggle sehingga agak sulit mengaturnya. Lalu bagaimana jika ingin mengubah tampilan Toggle tersebut menjadi model Horizontal Scrollable yaitu membuat label dapat digeser kekiri kekanan. Inilah yang coba kita bahas dalam posting ini yaitu memodifikasi widget pada Template Notable.

Pada widget label terdapat html <detail> dan <summary>, buang saja itu maka akan menjadi default. Lalu tambahkan css model horizontal scrollable, kodenya bisa didapatkan di w3.scholl. pada tahap ini widget label yang semula model toggle akan berubah menjadi model horizontal namun jika label ditampilkan terlalu banyak lebih dari 10 label misalnya akan muncul link tampilkan selengkapnya, ini akan mempengaruhi tampilan horizontal jadi sebaiknya disembunyikan dengan css display-none atau sekalian saja permanis dengan menggabungkan model horizontal dengan model hover, yaitu ketika label lebih dari 10 buah sisanya akan menjadi model hover yaitu ketika tampilan selengkapnya diklik sisanya akan muncul berderet kebawah.

Ketiga, bagian blog posting, baik featured-post, feed-post, page-post, maupun post-individual, juga termasuk post-header dan post-bottom. Pada tampilan aslinya gambar thumbnailnya lumayan besar. Disini kita akan coba membuatnya menjadi kecil dan menyeragamkan tampilan posting feed dengan featured post dan juga membuat featured post menjadi dua mode yaitu mode thumbnail besar dan mode thumbnail kecil. Ketika gambar diconteng pada pengaturan tata letak maka mode thumbnail besar yang ditampilkan dan ketika tidak diconteng maka thumbnail kecil yang ditampilkan, intinya featured-post dapat dimodifikasi menjadi beberapa mode dengan memanfaatkan conteng menconteng di tata letak.

Hal pertama yang kita lakukan untuk membuat thumbnail menjadi kecil adalah dengan menyalin atau memakai kode gambar dari template contempo. Salin kode gambar dari Template Contempo (kodenya sekitar 5 baris) dan pasang ke Template Notable. Pada tahap ini thumbnail akan berubah jadi kecil namun tampilannya akan sedikit aneh alias tidak rata.

Yang perlu dipahami agar menjadi rata adalah pada tampilan originalnya, pada tampilan desktop gambar thumbnail besar dari atas akan melompat kekanan sedangkan pada tampilan mobile thumbnail besar akan melompat kembali keatas. Artinya ada dua paket yaitu satu paket post-header, post-body, dan post-bottom dibungkus menjadi satu dalam satu div bernama post-content sedangkan khusus thumbnail juga memiliki bungkus tersendiri.

Yang membuat tampilannya tidak rata setelah thumbnail besar diganti dengan thumbnail kecil tersebut adalah karena beberapa hal, pertama karena thumbnail berada diluar div post-content dan kedua karena width css post-content-nya dibatasi. Jadi agar rapi maka masukkan paket bungkusan html thumbnail kedalam html post-content, cara memasukkannya bukan mengedit css tapi melalui html, posisi html-nya yang dipindah. Dan untuk css-nya cukup sesuaikan width ke 100% atau tidak usah pakai width atau set menjadi width-auto.

Setelah thumbnail kecilnya rapi selanjutnya proses pembuatan featured-post menjadi dua mode. Yang perlu diketahui adalah featured-post memiliki style tersendiri bernama Heropost. Sedangkan feed-post memakai snippet Normalpost. Edit html Heropost dan beri kode <else> serta include beberapa includable yang diperlukan dari snippet Normalpost maka featured-post akan sama dengan tampilan feed-post.

Keempat, Popular Posts, pada dasarnya ini mengikuti style dari feed-post jadi tampilannya akan otomatis sama namun meski begitu widget PopularPosts juga tetap bisa memiliki gaya tersendiri.

Kelima, Footer, meliputi widget attribution dan juga saya menambahkan widget pagelist disini serta widget follow dan subscribe yang menggunakan model modal yang button-nya dapat di tempatkan dimana saja, berbeda dengan modal bawaan dari template notable ini yang buttonnya hanya boleh dipasang di Header, untuk kodenya bisa kita dapatkan di w3.scholl.

Intinya begitulah cara saya memodifikasi template notable ini menggunakan hp sedangkan untuk melihat tampilan desktop saya menggunakan chrome hp dengan tampilan desktop. Sederhana. Dan bila ingin memodifikasi template sebaiknya jangan terlalu banyak mengutak-atik css karena satu saja selector yang kita ubah pada css bawaan template ini maka yang lainnya juga harus diubah oleh karena itu jika ingin memodifikasi lebih baik menambahkan css baru tanpa mengubah yang sudah ada atau beri tanda slash dan bintang /* begitu juga dengan widget bila kita ingin memodifikasinya atau ingin menambahkan sesuatu cukup buat tambahan saja dengan cara membuat includable baru dan untuk membuang yang tidak diperlukan cukup gunakan css display-none atau langsung saja tambahkan teks hidden pada elemen html yang ingin disembunyikan tanpa harus menghapusnya karena kalau dihapus akan eror dan membuat repot. Untuk cara memodifikasi lebih detail tentang horizontal widget label, widget featured-post dua mode dan cara mengubah thumbnail menjadi kecil mungkin akan saya tulis pada posting berikutnya, demikian semoga bermanfaat.

Komentar

Popular Posts

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s