Skip to main content

Cara Menyimpan Password & Login Otomatis Dimanapun Demi Kemudahan


Dengan akun google kita bisa menyimpan data login berupa password email atau user nama sehingga saat login disitus manapun data login kita yang tersimpan akan muncul secara otomatis mengisi kotak pengisian masuk, jadi tak terlalu repot atau mungkin tak perlu kuatir lupa pada data login kita lagi, mempermudah dan menjadi cepat. Menariknya hal ini dapat kita lakukan tidak hanya dengan browser peramban seperti Chrome saja tapi juga Firefox dan beberapa aplikasi lain di ponsel kita seperti misalnya app jual beli dan saya rasa app lain juga bisa. Hanya saja tidak bisa login otomatis ke email.

Caranya pastikan ponsel kita telah login atau terkonfigurasi atau tersingkron dengan akun Gmail jadi saat login kesitus manapun kita hanya perlu mengisi kotak pengisian data login hanya sekali saja kemudian Google akan menawarkan untuk menyimpan data tersebut ke layanannya, maka simpan saja agar dikemudian hari dapat login secara otomatis, tidak otomatis banget sih hanya kotak pengisian masuknya saja yang otomatis terisi dengan email dan password sehingga kita tinggal me-klik login saja.

Jika belum tau cara singkronkan email dengan ponsel cukup ke pengaturan saja pilih Akun pilih Mail masukkan data login email maka setelah itu akan tersingkron terus selamanya kecuali dihapus singkronisasinya. Cara hapusnya juga ada dipengaturan, pilih saja 'Hapus Akun', ini bermaksud mencopot singkron email yang terpasang bukan menghapus email, jadi jangan ragu.

Data login Email dan Password seluruh data login kita di internet akan tersimpan di akun Google dan di Chrome saja, tidak tersimpan di browser lain, jadi jika ingin menghapus atau mengedit data login dari semua akun kita di internet yang tersimpan disana hanya bisa melalui setelan Chrome atau juga dari setelan akun Google kita.

Dan juga bisa digunakan dari hp kita yang lain sekalipun emailnya berbeda. Misalnya menyimpan data login di Email A pada Ponsel A sedangkan kita pakai Email B pada Ponsel B. Kita tetap bisa memunculkan data login yang tersimpan di Email A menggunakan Ponsel B dan sebaliknya dengan catatan kedua email tersebut terverifikasi dengar nomor hp yang sama. Di penyedia lain berbayar lho layanan semacam ini tapi di Google digratiskan, Asik kan? Bagi yang belum tau selamat mencoba deh.