Skip to main content

Cara Membuat Animasi Teks dengan Video Editor

Membuat animasi teks dengan Video Editor ini tentunya hasilnya akan berwujud video juga format mp4, bukan menjadi gambar, namun mungkin bisa diubah menjadi gambar bergerak gif, png, setelahnya dengan app lain.

Cara membuat animasi ini dimaksudkan agar teks dalam video dapat bergerak, tidak hanya teks tapi juga emoji maupun gambar sisipin dari galery ponsel yang ingin dibuat bergerak. Gerakannya sama persis seperti di kode-kode html, misal teks berjalan kekanan kekekiri kebawah keatas, blink, mengayun, memutar dan sebagainya.

Berawal dari melihat beberapa video tutorial yang di dalamnya selalu terdapat misal telunjuk yang bergerak-gerak menunjukkan sesuatu, juga tanda panah dan lainnya maupun teks kedap-kedip, "maupun video hantu yang menunjukkan dimana arah hantu muncul", saya penasaran gimana sih cara bikin begitu, tampaknya bukan dibuat dengan alat/perangkat canggih seperti komputer, dan benar saja, belakangan ini saya mengetahui itu bisa dibuat menggunakan Aplikasi di Smartphone kita.

Jadi aplikasi ini semacam mempermudah ketika membuat video tutorial menggunakan ponsel Android, ya semacam tutorial diposting ini.

Dari sekian banyak Aplikasi Video Editor populer untuk smartphone pilihan saya jatuh pada yang kurang populer bernama YouCut. Karena penggunaannya mudah, fitur lumayan komplit, meskipun bukan versi Pro tapi fitur Gratisnya sudah cukup kalau cuma dipakai buat mengedit video secara umum dan yang terpenting hasil editnya tanpa Watermark.

Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.camerasideas.trimmer

Terkait Membuat animasi teks, emoji, lengkap dengan font, baik font dari sana maupun "font milik kita sendiri" dapat dipakai disana, tidak hanya itu tapi banyak fitur lain untuk keperluan editing video, tapi disini saya hanya membahas teks maupun emoji/gambar animasi saja.


1. Buka App YouCut.

2. Tap icon + atau Buat baru, lalu pilih foto atau video dari gallery, pilih satu atau beberapa, lalu tap icon panah kekanan untuk mulai membuat.

3. Pilih "Teks", ketik teks yang ingin dibuat, atur warna teks, font, jarak teks, tentukan animasi pilihan, perbesar-perkecil teks, atur posisi teks, pengaturan posisinya asik serasa ada rasa-rasa mentok kalau posisinya sudah pas, semacam ada grafik tak terlihat yang membuat posisinya jadi langsung pas sesuai keinginan tanpa harus mengukur sisi (alias auto presisi), cara ini berlaku juga untuk membuat emoji atau gambar sisipan dari gallery yang ingin dibuat bergerak/animasi, selanjutnya tap icon conteng untuk menyimpan sementara seumpama jika sudah selesai.

4. Jika tak ada yang ingin ditambahkan lagi langsung saja pilih "Simpan", pilih resolusi 480, 640, 720, atau 1080 pixel, dan FPS 24, 30 hingga 60, tapi lebih baik pilih Recomended saja (kualiatas standart film) dan simpan. Selesai.

Untuk video dibawah ini saya memakai resolusi 1080p dan 30fps durasi 1 menit dengan size 17mb lebih, terlalu besar untuk ukuran satu menit tapi untung saya punya App converter; 17mb menjadi 3mb dengan kualitas tetap sama, kok bisa? mungkin akan kita share nanti App Android Converter Video.

Tampak sederhana dan mudah tapi saya latihan mempelajari itu sampai dua hari baru bisa paham sedikit dan hasilnya aduhai alakadarnya. Daripada bengong lebih baik nganu, kan?





Comments

  1. Wah suhu ajaey sepertinya cocok jadi YouTubers saja hu, soalnya tutorial seperti ini cocok untuk video prank hantu.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumben yang ini ngga dibalas, balas sendiri aahhh.😆

      Delete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!