Skip to main content

Cara Setting Domain Custom Di Blogger

Mungkin sudah banyak yang menulis tutorial Cara Setting Domain Custom Di Blogger tapi saya mencoba ikut menuliskannya lagi sebab beberapa hal diantaranya karena saya kesal membaca panduan dari Google support dan juga Panduan dari penyedia domain yang sulit dimengerti. Jadi dengan ikut menulis ini siapa tau para pemula yang mencari informasi dapat menemukan pilihan lain, sederhananya seringkali pemula hanya bisa mengerti tulisan yang ditulis oleh pemula pula, wkwk. So teman-teman Blogger jangan minder untuk menulis apapun yang tampak sama, percayalah sekecil apapun perbedaannya (beda tipis) itu tetap berguna.

Baiklah langsung saja begini caranya.

1. Masuk ke Blogger.
2. Pilih Blog yang ingin diberi kustom domain.
3. Lalu Pilih Setelan dan Pilih Domain Kustom.
4. Masukkan alamat domain yang sudah kamu beli dari penyedia domain. Masukkan alamat lengkap dengan "www", misal "www.namamu.com" dan simpan.
5. Saat "Simpan", Akan muncul tulisan teks warna merah pertanda gagal menyimpan. Karena gagal maka klik saja "Batalkan", karena tujuan kita hanya untuk melihat info CNAME dan dari kegagalan ini kita akan mendapatkan informasi CNAME yang kurang lebih seperti berikut.

Kami tidak dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini. Di situs registrar domain Anda, cari setelan Domain Name System (DNS) Anda dan masukkan dua CNAME berikut:

Nama: www
Tujuan: ghs.google.com

dan

Nama: 6djmnh2h7dnd
Tujuan: gv-c4dr4eohke2wju.dv.googlehosted.com

Buka https://support.google.com/blogger/answer/1233387 untuk melihat petunjuk mendetail.


Cukup salin bagian ini saja:
Nama: 6djmnh2h7dnd
Tujuan: gv-c4dr4eohke2wju.dv.googlehosted.com

Cukup salin bagian ini saja. Ini namanya host unik dan record unik atau umumnya disebut CNAME:

6djmnh2h7dnd

gv-c4dr4eohke2wju.dv.googlehosted.com

6. Sampai tahap ini kita telah mendapatkan kode "host unik dan record unik" dari Blog kita. Masing-masing Blog punya kode unik tersendiri. Kode tersebut jangan diperlihatkan ke orang lain cukup Anda yang tau, tidak mengapa sih orang lain tau tapi sebaiknya jangan.

7. Selanjutnya kita menuju ke tempat dimana kita membeli domain untuk memasang kode unik tersebut ke pengaturan domain disana.

Dalam hal ini karena saya membelinya di DomaiNesia.com maka tutorial ini saya khususkan untuk Setting Domain Custom di DomaiNesia saja dan untuk setting di penyedia domain lain kemungkinan akan berbeda sedikit caranya.

A. Login ke www.domainesia.com.
B. Disebelah kiri terdapat menu: Service, Domains, Billing, dll. Pilihlah Domains.
C. Dan akan masuk ke halaman "My Domains" dan silakan klik nama domain Anda yang tertera disana.

Dibagian itu saya sempat bingung, dimana nih pengaturannya, ternyata domain yang tertera disana harus di klik dulu barulah pengaturan terbuka/terlihat. Ini yang bikin saya jengkel sama situs manapun kenapa sih pengaturannya disembunyikan bikin urusan jadi lambat saja, angry bird wkwk.

Nah setelah domain yang tertera disana di klik akan muncul beberapa menu "Manage Domain" seperti berikut. Overview, Nameserver, Addons, Settings, Contact information.

D. Pilih Settings.
E. Lalu pilih Blogger Settings.


Dan masukkan "kode unik" yang telah didapat dan disalin pada (langkah-5 diatas) tadi selanjutnya tempel/paste masing-masing ke dalam dua kotak yang tersedia yaitu kotak tempat mengisi "host unik dan record unik" dan Simpan.


Setelah itu Akan loading sekitar 1 menit.

Setelah sukses tersimpan maka selesailah sudah. Sebetulnya masih banyak pengaturan lain yang perlu ditambahkan semisal A Record dll, tapi sepertinya khusus di DomaiNesia.com semua pengaturannya serba otomatis, kita hanya perlu memasukkan "kode unik dari host unik dan record unik." maka pengaturan sisanya DomaiNesia yang menangani, maka dari itu setelah memasukkan kode unik akan loading sedikit lama yaitu sekitar 1 menit.

8. Setelah langkah 1 sampai 7 diatas selesai barulah menambahkan alamat domain kita ke Setelan Blogger dengan cara ke Blogger > Setelan > Custom Domain > Tambahkan domain Anda disana dengan format lengkap pakai www > dan Simpan.

Setelah itu tinggalkan pergi. Tungggu sekitar setengah jam barulah semuanya akan berjalan normal alias dapat di akses.

9. Selesai.

Meskipun sudah selesai tapi ada beberapa hal yang perlu diatur sedikit lagi di Blogger agar lebih asik, diantaranya.

1. Alihkan Domain.
Silakan conteng (jadi hijau) untuk menghidupkan, ini bertujuan agar Blog dapat diakses dengan atau tanpa www.

2. Ketersediaan HTTPS.
3. Pengalihan HTTPS.

2 dan 3, Silakan conteng juga (jadi hijau) untuk menghidupkan, ini bertujuan agar Blog dan Domain kita dianggap aman serta dianggap mahalan. Yup "https" itu dianggap lebih mahal daripada "http", wkwk.

4. Setelah menconteng (jadi hijau) ke 3 hal diatas, lagi-lagi silakan pergi karena status sedang memproses, tunggu sekitar beberapa menit baru periksa lagi apakah sudah berubah dari status "tertunda" menjadi "tersedia", jika sudah tersedia maka selesai sudah.


Selain itu, hal lainnya lagi bagi yang pernah mendaftarkan Blognya dengan subdomain bawaan Blogger di Search Console (SC) maka subdomain yang kita daftarkan di SC tersebut sebaiknya dihapus saja. Dengan cara ke SC > Setelan > Hapus Properti.

Lalu daftarkan saja lagi domain baru tersebut di SC. Hanya saja akan sedikit berbeda dengan ketika menambahkan subdomain Blogger kita, dengan domain dari non-google ini akan sedikit rumit karena tidak otomatis seperti halnya ketika memakai subdomain bawaan Blogger. Mungkin kita perlu membuat posting khusus untuk ini di lain waktu.

Diluar itu yang tak kalah penting terkait domain adalah soal menggunakan Data CAA di domain kustom, seperti tulisan Google Support berikut ini, barangkali teman-teman bisa bantu menjelaskan, saya cari di mesin pencari malah makin bingung, saya tanya ke penyedia domain belum di jawab.

Jika menggunakan Data CAA di domain kustom Anda. Anda harus menambahkan data untuk letsencrypt.org. Jika tidak melakukannya, Blogger tidak akan membuat atau memperpanjang sertifikat SSL.

Kan gawat kalau Blogger tidak memperpanjang SSL Blog kita, alias Https, kan Https mahal harganya.

Bagaimana cara mencari tau apakah domain kita menggunakan Data CAA atau tidak?

Comments

  1. Terang sulit bang karena postingan mereka adalah panduan untuk penyedia hosting dan domain yang berbeda beda alias masing masing , jadi panduannya bukan Google domain. Sedangkan panduan Google sendiri adalah panduan umum, yang di khususkan buat domain produk google, tergantung sih bagaimana orang memahaminya juga. Aku pas pasang domain hanya melaui panduan google karena menggunakan Google Domain, dan pas menggunakan GoDaddy bedanya jauh banget.

    Namun basisnya sama saja. Dari halaman ke server tidak ada 'one way ticket' Selalu ada jalan buat kembali.

    By the way TLD congrats ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih panduannya untuk umum (semua penyedia), tapi tetap saja dia pakai bahasa yg sulit dipahami pemula πŸ˜›πŸ˜›

      Tengkyu for say congratsπŸ˜…πŸ‘

      Delete
  2. bermanfaat.... nanti akan dicoba.

    thank you for sharing

    ReplyDelete


  3. Wuiih Hebat Suhu Ajay udah pasang Domain.πŸ‘πŸ‘ Gw malah nggak punya duit Huu buat beli domain.😁😁

    Emang beda tempat beli domain beda pula cara memasangnya yaa Huu, Seting domain di Bp juga agak ribet memang ketimbang di WP.😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Alhamdulillah huu bisa pasang domain, siapa tau bisa mendapat visitor, hihi.

      Ah masa sih suhu ga punya duit, gamau aja mungkin, kalau mau mungkin bisa beli segerobak πŸ˜…

      Betul huu beda2, oh begitu ya huu lebih ribet di BP, iya sih ribet harus dibikin eror dulu baru bisa melihat CNAME 🀣

      Delete
    2. Kang satria memang tidak punya duit buat beli domain kang, tapi buat mangkal selalu ada.πŸ˜†

      Delete
  4. Baru sadar kalo suhu ajaey pasang domain TDL, lagi banyak duit nih kayaknya.😁

    Untuk sementara nyimak dulu hu, jangan lupa slametan nya.πŸ˜ƒ

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!