Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Cara Dapatkan Subscribe dan View di Youtube

Sekitar tahun 2012 saya iseng import video ke Youtube, ya dimasa itu kita bisa upload video hanya dengan menggunakan url saja, url video dari situs manapun selama ada alamat url-nya dapat dengan mudah kita unggah ke Youtube tanpa memerlukan banyak kuota dan prosesnya cepat sekalipun videonya ukuran besar.

Berhubung mudah dan hemat jadi setiap menemukan video yang saya suka di internet langsung saya ambil dan simpan dijadikan koleksi di Youtube. Jenis video yang paling saya saka waktu itu tentang sesuatu yang bernuansa jahil, orang berjemur di pantai digunting tali atas dan bawahnya otomatis pakaiannya terlepas, cewek berjalan cuma pakai kemben/ting-top diplorotin kebawah dari belakang, begitu juga celana/rok-mini atau orang lagi santai dikursi taman lalu tali kedua sepatunya diikat pas berdiri terjerembab dan banyak lagi kejahilan lainnya semacam itu.

Saya suka video semacam itu bukan karena saya jahil tapi karena bisa membuat saya spontan istigfar sambil tersenyum.

Tapi tak berlangsung lama saya seolah sadar (semacam tobat) sehingga semua koleksi saya hapus dan saya ganti dengan satu buah video mengaji dan setelah itu saya berhenti tidak pernah upload video lagi seiring dengan dihapusnya fitur "unggah melalui url" saat itu. Saat berhenti itu setidaknya sudah mendapat 600an lebih subscribe dan 80an ribu tonton/tayang, hanya dalam waktu sebentar dan tanpa promosi. Cukup luar biasa kan untuk sesuatu yang dilakukan secara "iseng", saya pikir itulah triknya Cara mendapatkan Subscribe dan View di Youtube.

Dan sekitar 9 tahun berhenti, kemudian dalam beberapa minggu di 2021 ini saya tertarik untuk iseng lagi di Youtube, masih berbagi video jenis yang sama, bernuansa jahil tapi kali ini jahilnya sedikit terhormat, yaitu konten Magic Tricks, sulap lucu-lucuan hasil dari comot sana-sini.

Meskipun iseng tapi tetap saja saya berambisi ingin mendapatkan subscribe, untuk mewujudkan itu saya masuk ke Group WA dan FB dan hari pertama disana saya mendapat ilmu ini yaitu sub4sub dengan Aturan main:

1. View 3 menit (no-skip).
2. Like.
3. Comment.
4. Subscribe (no-unsub).
5. Lonceng.
6. Amanah.

Sub4sub atau saling bertukar subscribe, (gue nyukrib lu dan lu nyukrib gue), baru saja 5x melakukan itu saya bosan, karena harus terpaksa menonton video yang kurang kita suka meskipun cuma 3 menit tapi serasa 3 jam tanpa skip, pernah saya jujur menawar "saya skip ya bro?", "eh jangan, akun gue udah monet entar gue rugi, katanya". Pernah juga saya menawar "subscribe aja ya, saya cuma butuh itu.", "eh gabisa harus selesaikan ke 6 langkah diatas kalau tidak akan dianggap spam juga", waduh ribet juga ya.

Setelah mendapat 5 subscribe saya putuskan berhenti dan berfikir ingin menggunakan tool/robot saja, berhasil tapi sayang cepat dapatnya cepat pula hilangnya, iya alias di un-sub, menurut kabar angin jika terdeteksi pakai tool, YT bakal tau dan langsung kena unsub alias sia-sia pakai tool.

Sampai suatu hari pada hari ketiga bergabung dalam group saya melihat ada yang jualan, "ayo beli paket 1000sub dan jam tayang, amanah sudah banyak testimoni, dipandu sampai monet, fast respon bla-bla, wkwk", harganya jutaan rupiah, Rp 1 juta lebih per-paketnya, ada juga paket hemat harga 30-ribuan, saya tergiur ingin membeli paket hemat buat coba-coba benar gak amanah (menepati janji), tanpa pikir panjang saya langsung chat ke WA si penjual, WA-nya keren pakai akun bisnis, baru beberapa menit habis memesan paket hemat, saya terpikirkan sesuatu, muncul berbagai pertanyaan dalam benak saya, bagaimana cara dia mendapatkan semua itu?, pakai tool jelas sulit, pakai manual sub4sub juga sulit, saya mendadak ragu dan tanpa pikir panjang saya batalin pesanan (hapus chat), untung belum sempat direspon jadi setidaknya saya tidak membuat dia kecewa, saya benar-benar plin-plan, hihi.

Hari keempat dalam ambisi ingin mendapatkan subscriber mencapai ambang putus asa, saya menghibur diri, ya sudahlah toh cuma iseng, saya pun bernyanyi lagu Bondan Prakoso.

"Ketika berlari, mengejar anganmu, dan tak pernah sampai, Ya Sudahlah.
Apapun yang terjadi, ku kan slalu ada untukmu, janganlah kau bersedih, get everything lala oke, lala dudu, dudu didam, semua ini, pasti berakhir."

Habis bernyanyi saya unggah video pendek tentang kucing yang didapat dari aplikasi semacam tiktok maupun snackvideo hingga sampai tak terasa sekitar 30 buah sudah saya bagikan, video pendek berdurasi rata-rata 0.10 detik. Dan saat itulah jam tayang dan subscribe meningkat setiap harinya hanya dalam waktu beberapa minggu mendapat 2000an sub dan ratusan juta jam tayang.


Kesimpulannya:

- Unggahlah beberapa video orang yang kita anggap keren, meskipun kena hak cipta ini tetap sah alias tidak melanggar peraturan dan tetap bisa dimonetisasi (monet) hanya saja bagi hasil dengan pemilik aslinya, duit yang kita dapat dari video orang di akun kita akan diserahkan ke pemilik aslinya di akun lain. Yang pentingkan dapat subscribe, hihi. Kalau sudah dapat subscribe kita bisa lebih mudah me-UP video milik sendiri.

- Usahakan video yang diunggah bertema umum dan sebisa mungkin tidak ada wajah pemiliknya dalam video, semisal video memasak kan cuma tangannya doang yang kelihatan, yang semacam itu yang saya maksud tanpa wajah pemiliknya dan tema umum karena semua orang suka pada makanan.

- Selain itu juga sebaiknya pilih yang tanpa watermark serta video durasi pendek dimaksudkan agar penonton tak pelit menonton, kalau cuma 0.10 detik kan tak begitu boros kuota internet.

- Pada intinya cara diatas semacam batu loncatan.

Demikian trik bernuansa cerpen ini, saat ini saya berhenti lagi ngeyutub, kan cuma iseng karena tak punya konten sendiri, semoga bermanfaat.

Komentar



  1. Kalau gw youtube ada Huu...Cuma nggak untuk serius, Dulu pernah ingin buat youtube tentang keluarga tapi pas istri ngelarang yaa nggak jadi Huu..🀣🀣🀣


    Jadi gw punya akun youtube isinya paling cuma video2 basi doang.😁😁😁

    Tapi jangan lupa anu youtube gw yee Huu...πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut isteri juga ternyata Satria...kirain isterinya yang takut dia :D

      Hapus
    2. Iye huu nurut sama istri biar anu 😳😳🀣, mana alamat youtubenya huu biar aye sub.

      Iya Pak Sofyan.. padahal Kang Satria ototnya gede ya tapi takut juga sama istri 🀣🀣

      Hapus
  2. Wah ada tips, dan tanpa diketahui channel editblog awal 2020 subscribenya hanya 6 orang! wkkk...adalah channel terbengkalai dan benar benar gak di perdulikan, pas sekarang aktif sudah dapat 400-an subscriber, satu bulan ada 20-30 subscriber. Aku cek video postingan Adel yang paling banyak menyumbang secara alami.

    Pas ada bang Jaey subscribe juga tambah semangat jadinya wkkk...lumayan bikin apa apa sebagai tim walau hanya buat selingan, jadinya lebih santay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Nis, kalau pakai tim lebih santuy, bisa bagi2 tugas jadi lebih ringan.

      Iya si Adel begitu muncul langsung menggaet 7rb penonton, luar biasa pesonanya apalagi kalau Duit sama Nisa mungkin makin wow lagi.

      Pak Sofyan juga asik, lanjutin aja konsisten, ada satu dua tiga sub and view itu tanda ada kemajuan πŸ‘

      Hapus
    2. Eh Duit, Duet maksudku ✌🀣🀣

      Hapus

  3. Mantap jam tayangnya sudah sampai ratusan juta, traktir dong..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total jam tayangnya doang, duitnye kage ade 🀣🀣✌

      Hapus
    2. Ternyata channel-nya belum dimonet ya

      Hapus
    3. Paling bentar lagi di Monet mas.😁

      Hapus
    4. Ga berani mas, semua kontennya milik orang lain, lagian video pendek #shorts durasi cuma 0,10 detikan 🀣

      Hapus
  4. Mantap Diary nya di posts kan disini. Tapi sedih juga saya baca.
    Contact WA Coy. Mari kita tukar pengalaman sana sini.🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa sedih julak aey, ini julak Fitz Freedom kan? 🀣

      Disini aja julak, sama aja, bisa tukar pengaman juga diblog, hehe πŸ™

      Hapus
  5. Wah mantap jam tayangnya sudah sampai ratusan juta. Ayo di Monet kang, udah memenuhi syarat itu. Bisa tiap bulan gajian terus.πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum punya E-KTP mas, itu salah satu syarat yang belum saya penuhi dan juga Email saya dibanned Adsense 🀣 tapi mgkn bisa pakai email lain, tapi nanti sajalah, EKTP nya juga tak kunjung selesai πŸ˜€

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s