Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Apa Saja Fitur Baru Samsung A10 Setelah Update Perangkat Lunak?


Samsung seri A10 terdapat dua jenis yaitu A10 dan A10s. Perbedaannya lumayan jauh baik dari segi perangkas keras maupun lunak, pada intinya A10s jauh lebih bagus dan perbedaan harga keduanya saat itu terpaut sekitar Rp. 150 ribuan.

Berhubung disini saya pakai A10 (bukan A10s) jadi postingan ini khusus untuk A10 saja. Sebetulnya semua fitur terbarunya sudah tertulis saat akan update dan bisa dibaca kembali setelah update, diantaranya:

1. Pembaruan One UI 3.1 (Android 11) dari sebelumnya One UI 2.1 (Android 10)
2. Desain visual
3. Peningkatan performa
4. Kustomisasi lebih nyaman
5. Peningkatan fitur-fitur
6. Panggilan dan obrolan
7. Gambar dan Video
8. Pengaturan
9. Keyboard Samsung
10. Dan banyak lagi.

Dengan total ukuran unduh-an 1.227.41 MB atau sekitar 1.2 GB-an

Sebagai awam tak banyak yang dapat saya tuliskan disini, hanya beberapa perbedaan yang paling menonjol saja dari pembaruan/peningkatan ini.

Android 11, sewaktu masih Android 10 ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di unduh di Play Store, setelah upgrade ke Android 11 ini kemungkinan sudah bisa mengunduh app apapun, saya belum mencoba sih, tapi kemungkinan besar bisa lah walau belum dicoba.

Dari segi fitur baru paling menonjol adalah Keyboard, dari semula simpel kini berubah mirip Google Board (GBoard), dengan tambahan Youtube di Keyboard, fungsinya pilih video populer lalu di share. Selain itu ada juga Bitmoji, Mojitok, Spotify. Dan pengaturan tambahan yaitu Keyboard melayang di mode Landskap

Selanjutnya Galeri juga mengalami perubahan pada warna background dari semula hitam menjadi putih, menjadi sulit ketika ingin memotong gambar yang juga berwarna putih karena tak bisa melihat garis tepi serta proses merubah nama file kini juga jadi rumit karena tersimpan jauh dikedalaman serta kalau teks melebihi batas maka ekstensi file akan hilang, jadi harus menuliskan .jpg atau .png secara manual, menjadi lambat padahal dulunya tidak begitu. Tapi ini sebuah Aplikasi bawaan yang biasanya jika terdapat sesuatu yang tidak sesuai seperti itu bakal mendapat update tersendiri dari Galaxy Store.

Terus tap layar 2x untuk mematikan layar, sayangnya tak ada fitur menghidupkannya namun sebagai pasangannya ada fitur lama yaitu sensor yang menggunakan kamera depan, bila terdeteksi pengguna sedang menatap layar maka layar akan hidup terus-menerus. Tapi kata orang di A10s fitur 2x tap menghidupkan layar sudah ada sejak lahir plus sidik jari. Huaa nangis, pelit amat kenapa A10 tidak dikasi juga, hehe.

Terus ada "Perisai Kenyamanan mata", entah apa itu, saya aktifkan terasa biasa saja, tak ada perubahan apa-apa, hihi.

Dan intinya hampir semua yang telah ada sedikit banyaknya mengalami perubahan meski juga sepertinya ada beberapa fitur yang ditiadakan, diantaranya fitur menghilangkan poni sepertinya sudah tidak ada lagi.

Kalau ditanya apa saja fitur barunya? jawabannya sepertinya hampir semua mengalami perubahan hanya saja perubahannya banyak yang tak terlihat, misalnya fitur keamanan dan Operasi Sistem tentu perubahan semacam itu tak kelihatan sedangkan dari fitur yang kelihatan sepertinya hanya berwujud lebih rapi saja dari sebelumnya.

Tapi kalau ditanya apakah fitur barunya berguna? Mungkin ini menjadi pertanyaan semua orang. Salah satu fitur terbaru misalnya Panel Edge, yaitu sebuah pintasan aplikasi yang muncul disemua tempat. Rasa-rasanya umumnya pengguna sudah terbisa me-tap Beranda lalu memilih Aplikasi. Ketimbang me-tap Panel Edge yang tombolnya tersembunyi dan memunculkan deretan Aplikasi dengan layar sempit. Jika App semacam ini lebih dari satu buah, tidak begitu diperlukan dan tak bisa dihapus pada akhirnya berimbas pada RAM, sekalipun opsional yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

Kesimpulannya, bersyukur banget mendapat pembaruan ini, Thank you so much for Samsung, jadi bisa menikmati OS terbaru dengan ponsel kelas kentang.

Komentar

  1. tempat saya enggak ada updatean apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek dulu, barangkali pengaturannya harus update pake wifi atau sebaliknya pakai seluler, misalnya kalau lagi pakai jaringan seluler sementara settingnya di set ke 'dunload pakai wifi' biasanya dia gamau.

      Tapi kalau setelah dicek tetap tidak ada berarti memang belum ada 🤣

      Hapus
  2. Aku pakai hape sebelah kang, belum dapat update MIUI 12.

    Tapi kalo dipikir-pikir, kadang sudah di update, tidak terlalu kentara perbedaannya. Kayak android 10 dan 11.

    Entahlah, mungkin tunggu suhu satria jelasin fitur baru android 11.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya banyak perbedaannya mas, sudah dijelaskan Samsung terperinci di halaman yang bisa dibaca di "Pengaturan > Update..".

      Tapi ya gitu deh saya, saya maunya dia bikin Update dari misalnya A10 menjadi A80 🤣🤣

      Iya mari tunggu suhu Satria selaku vendor 😛😛

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s