Skip to main content

Beberapa Fungsi Sembulan Ketika Tap Lama Pada Layar Ponsel

Suatu cara sederhana yang mungkin semua pengguna internet sudah mengetahui cara ini tapi saya tuliskan saja lagi sebagai koleksi posting blog ini.

Diantaranya, Cara Klik URL (Mati) agar jadi LINK (Hidup).

Terkadang ketika membaca artikel di suatu situs mungkin kita pernah menemukan URL atau alamat tautan yang tidak bisa di klik karena hanya berbentuk seperti teks biasa.

Sementara kita perlu me-klik tautan itu untuk mengunjungi halaman dari url tersebut.

Dijaman sekarang dengan browser dan ponsel manapun kita dapat melakukan itu yaitu me-klik url mati menjadi link hidup agar dapat dikunjungi.

Caranya jika menggunakan ponsel, cukup tap url tersebut agak sedikit lama maka akan muncul sembulan bertuliskan "Open/Buka" klik saja itu maka ponsel akan otomatis mendeteksi serta mengakses tautan tersebut di jendela baru.

Sebagai contoh dan latihan, anda bisa mencoba me-klik url mati ini "https://jaeyzona.blogspot.com" dan jika berhasil me-kliknya url tersebut akan mengarahkan anda ke halaman beranda blog ini.



Silakan lihat contoh gambar diatas ketika saya me-klik url mati menjadi link hidup.

Tidak hanya itu, me-tap suatu teks agak sedikt lama juga akan memunculkan sembulan untuk fungsi lain, seperti pada contoh gambar diatas muncul fungsi lain yaitu, salin teks, bagikan, atau menelusuri teks tersebut ke pencarian google atau menerjemahkan teks tersebut dengan fitur kamus di sembulan.

Demikian Beberapa Fungsi Sembulan (pop-up) Ketika Tap Lama Pada Layar Ponsel.

Dan berikut sedikit penjelasan mengapa penulis di Internet terkadang hanya membagikan tautan dari url mati dalam tulisan, mengapa bukan link hidup.

Saya tidak tahu bagaimana dengan alasan mereka, tapi kalau saya biasanya karena beberapa alasan berikut.

1. Tidak punya banyak waktu menulis link atau tidak ada fitur itu atau memang dilarang, iya terkadang ada beberapa situs yang melarang menuliskan link hidup (biasanya disitus forum atau dikolom komentar blog), juga menulis link membutuhkan kode yang memerlukan perhatian khusus ketimbang meletakkan url biasa tanpa kode di tulisan.

2. Meminimalisir terjadinya broken-link akibat dari kesalahan penulisan url maupun kode. Meskipun url sudah ditulis dengan benar namun terkadang pemilik url tersebut merubahnya sehingga terjadilah broken-link.

Sebagai contoh misalnya saya menuliskan tautan dengan url dari suatu halaman di Facebook, suatu saat bisa saja fb mengubah url halamannya tersebut, saya sering mendapati perubahan semacam itu pada hampir sebagian besar situs di internet.

Sebagai pemilik situs tentu kita tidak bisa memantau keseluruhan link yang pernah di tulis dalam postingan, yang mana yang berubah url-nya dan yang mana tidak, kecuali mendapat laporan dari pengunjung yang berkomentar menginfokan itu atau menggunakan Tool khusus tapi kalau banyak yang error tentu capek memperbaikinya kalau tidak diperbaiki bakal mempengaruhi kualitas SEO blog.

3. Untuk menunjukkan pada pembaca bahwa url tersebut terpercaya bukan url tipu-tipu. 

Demikian beberapa alasan mengapa terkadang orang malas menulis link hidup dan cenderung menuliskan url mati. Namun jika rajin, menulis link hidup akan terlihat lebih baik karena lebih rapi dan mudah di klik. Semoga bermanfaat!

Comments

  1. Kenapa saya baru tau ya...?
    Trmksh info nya Masbro.

    Uji coba dari arahan diatas sdh dicoba...hasilnya Work.. Mentep

    ReplyDelete
  2. Langsung dicoba dan memang sukses, makasih banyak hu.

    Cuma aku coba pakai Opera hape Infinix tidak muncul penelusuran web atau kamus, malah nongol nya translate, bagikan dan cari secara pribadi.🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beda tipis, yang penting ada fitur copas dan buka link, itu sdh cukup, kalau kamus dan penelusuran web juga jarang dipakai 😅

      Delete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!