Skip to main content

Cara Gabungkan Semua Akun Blog Dalam Satu Profil dan Email

Terkadang tanpa sengaja kita memiliki beberapa buah Blog dengan akun email berbeda-beda. Dan mungkin bakal kerepotan mengelolanya karena harus keluar masuk berganti-ganti email.

Selain itu, ada "kerugian" tersendiri saat berkomentar di blog lain jika berkomentar dengan akun email berbeda-beda, kesempatan untuk mempromosikan semua blog jadi terlewatkan, kecuali memang menghendakinya seperti itu maka silakan.


Tapi ada baiknya fokus dengan satu email dan satu profile blog saja ketika berkomentar di blog lain agar semua blog dalam profile tersebut secara tidak langsung ikut terpromosikan.

Baiklah bagi yang belum tau dan ingin tau caranya, berikut langkah-langkah menggabungkan semua blog dalam satu akun profile:

1. Tentukan profile akun blog mana yang akan jadi andalan utama. Misal Blog A.


2. Selanjutnya di blog lainnya, Misal di Blog B lalu masuk ke Setelannya > Pilih 'Undang lebih banyak Penulis', dan masukkan email dari akun Blog A tadi dan klik Kirim.

Kondisinya, Blog B mengirim email undangan ke email Blog A.

Terus, buka email dari Blog B dan klik "Terima undangan".


PENTING, sebelum klik "Terima undangan" ada baiknya keluar/logout terlebih dulu dari email Blog A. Saat klik "Terima undangan" di email Blog B biasanya akan dialihkan ke browser. Jadi pastikan browser yang kita gunakan sudah keluar dari email Blog A dan pastikan juga browser tersebut telah login ke email dari akun Blog B.

Jika tidak begitu maka sama saja seperti kamu yang mengirim undangan dan kamu pula yang menerima undangan yang kamu kirim tersebut dan itu akan menimbulkan error yang fatal. Dan bisa-bisa dianggap penyusup oleh Google dan Blogger.

Selain dianggap penyusup, Dugaan lainnya saya rasa ini salah satu penyebab mengapa ketika berkomentar di blog bakal muncul captcha dan emoticon menjadi mirip tanda tanya (?) sebab dari login dengan email berbeda-beda, sebab dari sinkronisasi masuk/keluar di latar belakang yang kurang sempurna alias belum tuntas.

Namun lain cerita jika menggunakan browser berbeda, Misal Blog A login dengan email Browser A dan Blog B login dengan email Browser B, kalau begini tidak masalah. Dan akan tetap error jika Browser A dan B pernah login dengan kedua akun email tersebut. Harus pasti dan yakin satu browser hanya login ke satu email saja.

Pakai Browser Chrome lebih mudah, di browser tinggal tap keluar dan masuk dengan akun lain. Ini akan menjadi cepat jika email yang di butuhkan semuanya sudah standbye login di Pengaturan Ponsel kita, kalau tidak ya bakal lama loginnya.

Baiklah, anggap saja browser yang kita gunakan sudah keluar dari email Blog A dan juga browser tersebut telah login ke email dari akun Blog B.

Klik "Terima undangan" dari email dan akan diarahkan ke Blogger dan biasanya akan dimintai konfirmasi sekali lagi di Blogger untuk klik "Terima".

3. Jika berhasil, setelah itu Blog B akan otomatis muncul di akun Blog A, namun kuasa Blog A terhadap Blog B hanya sebatas Penulis. Agar Blog A punya kuasa penuh atas Blog B, maka Blog B perlu menaikan jabatan Blog A menjadi Admin. Dengan cara masuk ke Blog B, Setelan > Pilih 'Admin dan penulis blog' > lalu pilih jadikan Admin.


4. Ulangi dari langkah ke-2 untuk menambahkan email dari blog lain sebanyak yang kita mau hingga semuanya bergabung ke dalam akun Blog A.

Bergabung dalam Blog A artinya Blog B dapat juga muncul di profil Blog A. Jika Blog B tidak muncul di profil Blog A maka tinggal sunting saja profilnya dan conteng Blog B untuk ditampilkan dan Simpan.

5. Kita bisa menghapus Penulis yang diundang tadi kapan saja. Dengan cara masuk ke Blog B, Setelan > Pilih 'Admin dan penulis blog' > lalu klik ikon tanda silang di ujung akun > simpan. Selesai.

Terlihat rumit ketika membaca langkah demi langkah, tapi pada prakteknya jika sudah hapal caranya paling sekitar satu menit langsung beres.

CATATAN 1: Berhati-hati jika ingin menambahkan orang asing yang tidak begitu di kenal, karena bisa saja ia mengambil alih blog kita jika jabatan dia adalah admin, karena admin bisa menghapus admin lainnya.

CATATAN 2: Jika salah satu blog yang digabungkan telah memasang iklan Adsense ada baiknya lebih selektif ketika menggabungkannya, pastikan blog dan email dari blog yang digabungkan semuanya dalam kondisi sehat tidak melanggar peraturan apapun. Jika tidak, dugaan saya blog sakit itu akan menjangkiti blog yang sehat.

Comments

  1. Oh begitu ya suhu caranya agar semua blog dengan email berbeda jadi satu akun. Kelihatannya memang ribet, soalnya belum pernah nyoba.

    Sungkem hu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma ribet sekali aja kan huu..
      Begitu semua sudah dalam satu akun ga ribet lagi.

      Sungkem juga huu cuma newbie yg ingin berbagi 🙏

      Delete

  2. Waahh lengkap banget penjelasannya Huu..😊🙏🙏

    Dulu pernah nyoba Huu, Cuma karena resikonya juga ada sekarang lebih senang satu akun satu blog.😊

    Betul Huu, Termasuk iklan Adsense. Jika sering dikaitkan jika satu blog sakit yang lain kena imbasnya.

    Termasuk istri hamil Hu, Jika suami ingin punya anak lagi harus ada jarak atau jedanya, Terkecuali punya istri dua dan keduanya hamil bareng nggak pake jeda atau jarak waktu juga nggak apa2 Huu..🤣🤣🤣🤣


    Itu kata pak Nana Huu...🤣🤣😆😆😆

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!