Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Arti Rating Film G, PG, PG-13, R, NC-17 (USA) dan R, BO, D (ID)

Arti Rating Film G, PG, PG-13, R, NC-17 (USA) dan R, BO, D (ID)

Berawal dari heran ketika melihat pemfilteran iklan di salah satu periklanan Jaringan Iklan Populer Untuk Penerbit ketika ingin memfilternya saya tidak mengerti kode apa itu soalnya iklan di blog ini terkadang memunculkan gambar yang begitulah dan rupanya kode filter dari iklan tersebut menggunakan kode yang sama dengan kode rating film.

Pecinta film tentu tidak asing dengan kode G, PG, PG-13, R, dan NC-13. Kode tersebut adalah rating film yang menandakan layak tidaknya ditonton oleh kelompok usia tertentu.
 
Sitem penilaian rating film dibentuk oleh Motion Picture Association pada 1968 dan berlaku di Amerika Serikat menggantikan the Hays Code.

Untuk menentukan rating film, Classification and Ratings Administration (CARA) melalui kelompok orangtua independen akan menilai layak tidaknya materi dalam suatu film untuk ditonton oleh kelompok usia tertentu.

Tentunya rating film yang berlaku di Amerika Serikat bisa berbeda jika sudah memasuki negara lain.

Dirangkum dari laman Portal Jember dan Motion Pictures Association, berikut arti rating film G, PG, PG-13, R, NC-17:

1. Rating film G

Rating film G berarti 'General Audiences'. Film dengan rating G memiliki materi yang layak ditonton semua umur. Tidak ada batasan umur untuk menonton film dengan rating G.

2. Rating film PG

Rating film PG atau 'Parental Guidance' menandakan bahwa ada materi film yang mungkin tidak layak ditonton oleh anak-anak.

3. Rating film PG-13

Sama seperti PG, film dengan rating PG-13 memiliki konten yang mungkin tidak layak untuk ditonton anak kecil. Bedanya, kali ini orangtua harus lebih berhati-hati.

Orangtua harus mendampingi anak di bawah umur ketika menonton film PG-13. Batas usia dalam rating PG-13 adalah 13 tahun.

4. Rating film R

Rating film R berarti 'Restricted'. Artinya, terdapat materi dewasa dalam film tersebut.

Orangtua harus mengetahui seperti apa film dengan rating R tersebut sebelum membawa anak yang masih di bawah 17 tahun.

5. Rating film NC-17

Film dengan rating NC-17 hanya boleh ditonton oleh orang dewasa dengan usia 17 tahun ke atas.

Kalau di TV Indonesia, mungkin kodenya adalah R, BO dan D.

R = Remaja, BO = Bimbingan Orang Tua, dan D = Dewasa.

Komentar

  1. Biasanya kalo film horor itu ratingnya R soalnya selain ada adegan seram bunuh bunuhan juga ada adegan 'seram' lainnya.😅

    BalasHapus
  2. Banyak ugha jenis rating hahahaha, saya semenjak sudah over than 17 sudah nggak perhatikan rating film, mas ~ dan selama ini yang saya tau soal rating cuma 17+ untuk Indonesia, 19++ untuk Netflix dan 15++ untuk Korea 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s