Skip to main content

Cara Membuat Tombol Berlangganan Youtube Channel di Web/Blog

Tombol Berlangganan Channel Youtube memungkinkan pengunjung untuk men-subscribe Channel Youtube kita atau dalam hal ini biasanya channel dari pemilik Web/Blog tersebut.

Sebetulnya memasang Tombol Berlangganan ini fungsinya tidak jauh berbeda dengan ketika memasang tautan dalam model link karena eksekusinya sama-sama di klik dan mengarah ke Youtube, tidak seperti Tombol Like Facebook misalnya, yang jika di klik akan tetap berada di blog alias tidak diarahkan ke FB.

Namun tentunya keistemewaan Tombol Berlangganan Youtube ini tampilannya lebih manis dibanding memasangnya dengan model tautan, tampilannya mengundang minat/perhatian dengan tombol merah beserta count dan logo channel.

Cara Membuat Tombol Berlangganan


1. Kunjungi https://developers.google.com/youtube/youtube_subscribe_button

2. Konfigurasikan Tombol.
Alat ini memungkinkan untuk mengonfigurasi tombol langganan yang disematkan, contoh alat konfigurasi disana seperti gambar berikut ini. Kita dapat mengatur opsi tampilan tombol, mempratinjau tombol, dan menyalin kode yang diperlukan untuk menyisipkan tombol itu di halaman web/blog kita.

Cara Membuat Tombol Berlangganan Youtube Channel di Web/Blog

Hal yang perlu dipersiapkan dalam mengkonfigurasinya adalah nama channel Youtube kita atau bisa juga dengan ID Channel-nya.

Cara mengambil ID channel bisa langsung ke Setelan Youtube atau bisa juga menyalin urlnya dari addres bar browser atau jika dari Aplikasi Youtube bisa klik Bagikan dan salin url.

Contoh url ID channel:
https://youtube.com/channel/
UCqhyGBTmr9J2utTvHvIbrIQ

Yang ini adalah ID-nya: UCqhyGBTmr9J2utTvHvIbrIQ

Tempel ID channel tersebut ke kotak konfigurasi dan atur berbagai tampilan yang diperlukan seperti: Layout, Tema, dll.

3. Salin kodenya untuk ditempel ke wap/web/blog.

Contoh kodenya akan seperti ini:
<script src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script>
<div class="g-ytsubscribe" data-channelid="UCqhyGBTmr9J2utTvHvIbrIQ" data-layout="full" data-count="default"></div>

Contoh Tombol Berlangganan yang sudah dipasang di Blog akan seperti berikut.


Artikel terkait:

Comments


  1. Jadi tombol hanya semacam link kalau kita mau berlangganan kita tetap harus mengklik tombol berlangganan yang ada di channel YouTubenya. Andai bisa dibuat seperti tombol like FB mantap banget nih kita bisa menjebak orang berlangganan channel kita tanpa sadar dengan menggunakan tombol tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, tetap kudu subscribe manual ke Youtube.

      Gada istilah jebak menjebak di Youtube Mas, dia super canggih, aku pernah pakai alat dan mendapat ratusan subscribe tapi perlahan2 yg ratusan itu hilang dgn sendirinya. Bukan cuma saya yg mengalami tapi semua org2 yg "curang", dari itu kami sepakat mengatakan Youtube canggih 🤣

      Lagian pelanggan juga sadar, kalau channel kita jelek kita bakal di unsubscribe, keras hidup disana 🤣

      Delete
  2. Oh kirain bisa langsung langganan tanpa harus klik subscribe. Ternyata harus klik dulu tah.

    Mungkin setelah ini akan ada artikel trik cara subscribe tanpa harus klik, suhu ajaey gitu lho.😀

    ReplyDelete
    Replies

    1. Kurasa mudah bagi Google untuk membuatkan yg terbaik Mas, tapi mengapa ia tak melakukannya, itu yg menjadi pertanyaan. Mungkin kalau membuat yg "tanpa harus klik" dia takut org akan cepat mendapat banyak subscribe 🤣

      Ngga mas, takut saya macem2in kode takut dimarahi Google lagian saya gatau caranya. 🤣

      Delete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!