Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Cara Pasang Audio dan Video di Web / Blog dengan Kode HTML

Cara Pasang Element Tag Audio dan Video

Audio atau musik bisa berupa lagu dengan format mp3, ogg, dll, serta Video baik mp4 maupun 3gp dapat dipasang di blog atau website dengan menggunakan tag kode html.

Layaknya pemutar musik di smarthpone, pada web / blog juga dapat memainkan lagu yang dapat di-play, di-stop, atau di-pause oleh pengunjung.

Sedangkan untuk video meski saat ini Blogger cenderung memasang video dari Youtube maupun Facebook namun adakalanya diperlukan juga memasang video sendiri secara manual.

Asik-kan bisa pasang itu, jadi mendapat hiburan plus-plus, hiburan dari ngeblog dan juga dari mendengarkan musik, apalagi ditambah pasang TV online dan Game online juga di blog biar seperti dirumah, wkwk.

Sebetulnya ini hanya koleksi saja buat postingan blog ini tapi buat pengunjung yang tertarik bisa juga mencobanya dan berikut ini kodenya.

Element Tag HTML Audio


Elemen kode aslinya/default seperti ini:
<audio controls>
  <source src="horse.ogg" type="audio/ogg">
  <source src="horse.mp3" type="audio/mpeg">
  Your browser does not support the audio element.
</audio>

Tapi berhubung audio format .ogg jarang dipakai dan lebih sering menggunakan format .mp3 maka kode htmlnya kita pangkas saja disederhanakan.

Demikian juga dengan notifikasi: "Your browser does not support the audio element.", kita buang juga sebab semua browser sepertinya rata-rata sudah mendukung memutar audio jadi tidak memerlukan notifikasi itu lagi.

Setelah disederhanakan jadilah seperti ini:
<audio controls>
  <source src="isi-dengan-url-lagu-mp3-disini" type="audio/mpeg">
</audio>

Dan setelah di-isi url mp3 menjadi seperti berikut:
<audio controls>
<source src="https://ia802803.us.archive.org/16/items/SuryaChildrenChoirMerpatiChoirIndonesiaRaya/Surya%20Children%20Choir%20%26%20Merpati%20Choir%20-%20Indonesia%20Raya.mp3" type="audio/mpeg">
</audio>

Hasilnya:

Tag Kode Html diatas sudah selesai dan dapat langsung dipasang di blog namun masih mode manual yang jika ingin memutar musiknya perlu di play manual.

Dan agar memutar musik secara otomatis perlu di-tambah lagi dengan attribute lain, pada bagian ininya:

autoplay: otomatis memainkan audio.
<audio controls autoplay>

loop: memainkan audio terus-menerus.
<audio controls loop>

muted: 
<audio controls muted>

preload:
<audio controls preload>

Tapi pada dasarnya attribute loop, muted dan preload tidak begitu diperlukan sebab semuanya sudah terwakilkan oleh kode defaultnya, cukup memasang begini saja maka otomatis dapat di "mute" dan juga memainkan audio terus menerus meski tak memasang attribute "loop".

Saya rasa cukup pasang begini saja.
<audio controls autoplay>
  <source src="isi-dengan-url-lagu-mp3-disini" type="audio/mpeg">
</audio>

Element Tag HTML Video


Contoh kode beserta poster/thumbnail:
<video width="320" height="240" poster="/images/w3schools_green.jpg" controls>
   <source src="movie.mp4" type="video/mp4">
   <source src="movie.ogg" type="video/ogg">
   Your browser does not support the video tag.
</video>

Untuk Attributenya sama persis dengan kode Audio. Tapi khusus Element Tag video ini sepertinya ada secara otomatis tampil di Blogger jika kita mengunggah video di Blogger jadi tidak perlu repot lagi memasang itu secara manual kecuali untuk situs wap/web selain Blogger

Selesai dan yang tersulit disini mungkin url lagunya harus mengambilnya darimana. Tidak seperti video yang sudah disediakan tempatnya dapat diunggah langsung di Blogger, kalau punya website pribadi mungkin mudah upload lagu dng url publik, tapi kalau mengunggah lagu dilayanan pihak lain pasti bakal dipersulit untuk meminjam urlnya karena berkaitan dengan hak cipta.

Namun sepertinya masih ada salah satu situs tempat upload berbagai file seperti mp3, video, ebook, dll yang masih bisa dibilang longgar peraturannya karena non-profit katanya dan yang paling penting url filenya type publik yang diperbolehkan dipakai siapapun dan kita juga diperbolehkan mengunggah disana atau pakai saja sesuatu yang sudah ada disana di situs web www.archive.org.

Komentar

  1. Ini mempengaruhi kecepatan website tidak, kemaren pasang yang bikin video pake tag iframe lumayan menguras banyak hhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya mempengaruhi kecepatan tapi dari yg saya rasakan tidak sama sekali sih.

      Oh ada versi iframe nya? Pantesan, iframe memang berat sih.

      Hapus
  2. Pantesan kadang ke blog Satria sama mas Herman ada musiknya, sekarang blog juga bisa jadi kayak radio ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mas, pasang juga lagu kesukaan mas, Roma Irama kan πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus


  3. Betul Huu...Cuma kalau mau lebih singgkat lagi kode lagunya bisa dipangkas tanpa embel2 Mp3 pada akhirannya...Misalnya kode angka atau huruf yang terdiri dari 7 digit atau 9 digit.😊😊

    Soalnya kalau pake akhiran Mp3 entah kenapa sering error atau harus diplay ulang, Padahal sudah diseting Autoplay.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu ya huu, terimakasih tambahannya huu.

      Btw huu, url dari situs mana yg ada embel2 angka atau huruf 7/9 digit?

      Hapus

    2. Mau gampang Googledrive bisa Huu...Banyak situs yang bisa dipakai untuk Audio contohnya Kiwi dll.


      Ini kode audio blog gw Huu...Lagu MaherzainπŸ‘‡πŸ‘‡


      1ydNz8T8m8CFFlMwJSKCnOR0nieZkyETZ

      Jadi tanpa perlu embel2 Mp3..😊😊

      Hapus
    3. Sip sudah sukses terpasang huu di blog sebelah πŸ˜…

      TengkyuπŸ‘

      Hapus


  4. Ini lagu Indonesia raya gw ubah model linknya Huu...Pakai GoogleDrive..😊😊 Hapus tanda bintangnya Huu bisa dipakai play otomatis lagunya Huu.πŸ˜ŠπŸ‘‡πŸ‘‡





    BalasHapus
    Balasan

    1. Nggak boleh naruh link Huu diblogger...🀣🀣 hilang kodenya..🀣🀣🀣

      Hapus

    2. Coba kalau HTTPS nya dihilangkan bisa nggak..😊



      Hapus

    3. 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 nggak bisa juga Huu..

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Sip sudah terpasang huu di blog sebelah πŸ˜…πŸ‘

      Hapus
    6. Blog sebelah blog manakah? Apakah blog rongdo? πŸ˜…

      Hapus
    7. Blog saya yg satunya mas, tapi hbs pasang audio saya copot lagi, sering bikin kaget "kok tiba2 ada lagu nih di blog saya?", kaget 🀣🀣🀦‍♂️

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s