Skip to main content

Alat untuk Minify Kode Javascript

Alat untuk Minify atau Minification atau nama lainnya lagi Kompresor agar kode Javascript yang tadinya panjang dan banyak menjadi pendek.

Cara kerjanya biasanya alat ini akan menghapus baris baru, spasi, dan lainnya sehingga hasilnya kode akan tampak bertumpuk dan rapat.

Tujuannya, salah satunya untuk mengurangi berat halaman.

Kelebihannya, selain untuk kompresi juga dapat memperbaiki penulisan kode yang salah, amatiran dan otodidak seperti saya seringnya menggabung-gabungkan kode tak peduli salah atau benar. Nah dengan alat ini bisa membantu memperbaikinya secara otomatis.

Kekurangannya, terkadang dia juga malah merusak kode, yang tadinya kodenya bener malah jadi salah, main sikat sampai habis, ya namanya juga alat ya, mesin, benda mati. 

Namun ada juga alat yang sebaliknya, Un-minify, atau untuk mempercantik tatanan kode. Tapi diposting ini khusus untuk minify saja.

Kunjungi: https://jscompress.com

Alat untuk Minify Kode Javascript

Caranya tinggal masukkan saja Javascript ke kotak yang tersedia atau bisa juga di upload filenya dan klik button Compress. Hitungan detik akan selesai tinggal salin atau bisa juga di unduh.

Selain mengkompres kode JS, situs ini juga punya alat Validator Kode, untuk mengecek apakah kode script valid atau tidak, tapi tidak kita bahas karena saya belum pernah mencoba, namun jika mau di Search Console juga sepertinya punya alat tes Validator semacam itu.

Comments

  1. Kekurangannya serem juga bisa merusak kode yang benar jadi salah, kalau yang awam banget sama kode JS pakai alat ini bisa ngga tau kalau kode JS malah jadi salah.

    ReplyDelete
  2. Wah, bisa benerin kode script yang salah, tapi bisa juga salahin kode yang benar. Namanya juga mesin ya kang, bukan Amanda.😅

    ReplyDelete

  3. Gue baru tahu malah Huu, Jadi penasaran ingin nyoba meski boleh dikatakan maju kena mundur kena yee Huu.😁😁😁


    Nanti kalau pas lagi utak-atik anu gue coba deh Huu...Thanks infonya Huu.😊👍👍👍

    ReplyDelete
  4. Tumben nih belum ada post barunya, kayaknya adminnya lagi bertapa cari wangsit buat kode html.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan lagi nyari wangsit tapi lagi sibuk di YouTube dia..hihihi

      Delete

    2. 😁😁😆😆😆😆😆😆😆😆

      Delete
    3. Oalah, pantesan. Kirain aku lagi sibuk nonton ikatan cinta.😅

      Delete

    4. 🖕😆😆😆😆😆🤣🤣🤣☝🏾

      Delete
  5. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏 😛😛😛

    ReplyDelete
  6. Dulu sewaktu masih pakai blogger saya lakukan ini, tapi kalo sekarang saya pakai plugin mas yang ada di wordpress jadi tinggal klik "Minify" saja sudah terproses.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!