Skip to main content

Cara Ajukan Banding Video yang kena peringatan di Youtube

Beberapa waktu lalu video yang saya unggah di Youtube mendapat peringatan dan dihapus dan saya mencoba "Ajukan Banding" agar peringatannya dicabut, buat iseng-iseng aja mencoba ngerasain gimana sih proses banding itu, disatu sisi sebenarnya tak begitu perlu melakukan banding soalnya saya main Youtube cuma buat koleksi aja tapi disisi lain ini bisa berbahaya kalau sampai status "peringatan" berubah menjadi "teguran", bisa-bisa hilang akun saya dihapusnya.

Jadi bagaimana proses banding? Jika video kita terdeteksi melanggar kebijakan biasanya akan mendapat email berisi peringatan kurang lebih sbb:

Halo JaeyZONE,

Tim kami telah meninjau konten Anda, dan sayangnya, menurut kami konten tersebut melanggar kebijakan terkait konten kekerasan atau vulgar kami. Kami telah menghapus konten berikut dari YouTube:

Kami tahu keputusan ini mungkin mengecewakan, tetapi kami harus memastikan YouTube adalah tempat yang aman bagi siapa saja. Jika suatu konten melanggar aturan, kami akan menghapusnya. Jika menurut Anda kami telah melakukan kesalahan, Anda dapat mengajukan banding dan kami akan memeriksanya kembali. Baca terus untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Bagaimana konten Anda melanggar kebijakan

Konten yang menampilkan seseorang yang dengan sengaja mengakibatkan penderitaan atau kekerasan fisik kepada hewan atau manusia tidak diizinkan di YouTube. Kami meninjau konten pendidikan, dokumenter, artistik, dan ilmiah secara kasus per kasus. Pengecualian terbatas diberikan untuk konten yang disertai dengan konteks yang memadai dan sesuai, serta diposting dengan tujuan yang jelas.

Dampak pelanggaran tersebut terhadap channel Anda

Pesan ini hanyalah peringatan karena hal ini baru terjadi satu kali. Tetapi jika terjadi lagi, channel Anda akan menerima teguran dan Anda tidak akan dapat melakukan tindakan seperti mengupload, memposting, atau melakukan live streaming selama 1 minggu.

Tindakan yang harus dilakukan selanjutnya

Kami ingin membantu Anda untuk tetap ada di YouTube, jadi harap:

Memastikan Anda memahami Pedoman Komunitas dan dasar-dasar teguran YouTube.

Meninjau konten Anda dengan mempertimbangkan kebijakan kami. Jika setelah meninjau konten, Anda merasa kami telah melakukan kesalahan, harap beri tahu kami. Anda dapat mengajukan banding atas keputusan ini di sini.

Cara Ajukan Banding Video yang kena peringatan di Youtube

Nah, berhubung disini saya memakai Aplikasi Youtube Studio untuk Smartphone, jadi saya menggunakan aplikasi itu untuk Ajukan Banding.

Caranya: Buka app-nya, lihat notifikasinya, baca notifikasinya lalu dibawahnya Klik Ajukan Banding selanjutnya disuruh menjelaskan "Mengapa Youtube harus mengembalikan video anda itu?" Jelaskan saja sesuai selera kita. Setelah itu klik kirim atau ikon pesawat kertas.

Video saya yang dianggap melakukan kekerasan itu bercerita tentang Anjing yang menggigit ikan hidup dan membawanya ke sungai.

Lalu saya jelaskan, video itu cuma ingin memberi inspirasi bahwa Anjing baik mau menolong Ikan.

Tapi setelah saya kirim pesan pengajuan banding itu dan dalam beberapa menit langsung mendapat balasan seperti berikut, (lumayan cepat balasannya).

Halo JaeyZONE,

Kami telah meninjau permohonan banding Anda untuk konten berikut:

Video: Anjing Baik, Menolong Ikan Tergeletak Diaspal Membawanya Ke Air

Kami telah meninjau konten Anda secara cermat, dan menyatakan bahwa konten tersebut melanggar kebijakan terkait konten kekerasan atau vulgar kami. Kami tahu bahwa kabar ini mungkin mengecewakan. Namun, sudah menjadi tugas kami untuk memastikan bahwa YouTube menjadi platform yang aman bagi semua pengguna.

Apa dampaknya pada channel Anda

* Kami tidak akan menampilkan konten Anda kembali di YouTube.

* Jika mengajukan banding atas suatu peringatan, Anda tidak akan menerima peringatan jika melakukan pelanggaran lagi di masa mendatang.

* Jika Anda mengajukan banding atas suatu teguran, teguran tersebut akan tetap ada di channel Anda.

Anda dapat menemukan informasi selengkapnya tentang peringatan dan teguran di Pusat Bantuan YouTube.

Jadi kesimpulannya pengajuan banding saya di tolak guys. Ini baru satu peringatan dan jika mendapat peringatan lagi untuk video lainnya bisa-bisa bakal mendapat teguran dan kemungkinan bakal kelar hidup akun chanel gue, hihi.

Jadi intinya berhati-hatilah guys, pahami baik-baik pedomannya terutama bagi yang serius berkecimpung disana.

Jangan lupa subscribe chanel gue guys, haha ujung-ujungnya minta subscribe.

Comments

  1. Walaupun maksud anjing itu baik, namun karena yang terlihat adalah ikan tersebut berada dalam mulut anjing, jadi mungkin dianggap kekerasan.

    Duh, saya baru tahu ada aturan demikian di YouTube, karena saya juga bukan Youtuber. Berarti kalo mau aman, ngga boleh ada video makan binatang yang sedang makan binatang lainnya ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau juga mbak, tak disebutkan alasan detilnya, pokoknya kalau Youtube bilang peringatan maka harus ajukan banding dan jika ditolak maka selesai sudah. 😅

      Delete
  2. mo tanya kak, kalo adsense youtube di tutup sepihak dari adsens gmn mengatasinya ya kak

    ReplyDelete
  3. Padahal itu cuma video anjing gigit ikan doang ya, tapi anehnya diblokir katanya kekerasan. Harus benar-benar sabar ya main YouTube.😂

    Tapi anehnya, untuk video sexy kadang masih bisa tayang ya.😅

    ReplyDelete
    Replies

    1. Kan kalau video nganu Google juga ingin lihat jadi tidak diblokir.🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Delete
    2. Wkwk bisa jadi Youtube senang lihat video anu.

      Delete
    3. Apalagi kalo pakai VPN Amerika itu, banyak video nganu.🤣

      Delete
    4. Yg lokal asik mas, natural 🤣

      Delete
    5. Wah paham banget, pasti koleksinya banyak nih.🤣

      Delete
    6. Ga ada mas, memori hp kecil 🤣

      Delete
    7. Ah, paling kang Jaey bandarnya.🤣

      Delete


  4. Kalau udah banding masih sitolak juga berarti itu yang jawab Robot...Karena jawabannya terkesan ngasal dan hampir sama dengan yang awal.😁😁😁


    Mending banding lagi...Jika ditolak lagi kita caci maki deh tuh Youtube....🤣🤣🤣🤣

    Habis itu buat akun baru lagi dah atas nama Amanda.🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, nama channel nya JaeyManda Studio.🤣

      Delete
    2. Iya kemungkinan yang jawab robot soalnya balasannya cepat 😅😅

      JaeyManda, ide bagus tuh tapi bisa2 gue dikira wadam pakai nama itu 🤣

      Delete
  5. Anjing Baik, Menolong Ikan Tergeletak Diaspal Membawanya Ke Air, wkwkwk kocak jdulnya emang ini beneran ada bang

    ReplyDelete
  6. paraghhh...kalau saya gak ngajukan banding langsung saya hapus sendiri. Pernah sudah dapat izin dari channel Jaime Sunjuan Ocabo (seorang VisualartDesainArtis - kebetulan saya temanan di twitter), sama Youtube tetap saja di nyatakan menggunakan video orang lain tanpa izin, terakhir dia ngajak kolaborasi saja biar jelas, saya belum sanggup karena gak ada studio he he he... Ya sekarang kami usahakan video ori saja biar bersih bersih sekalian, saya baru sekali terkena.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!