Langsung ke konten utama

Highlight Post

Sejarah Kenapa 'K' Jadi Singkatan Ribu?

Saya pertama kali tau singkatan "K" ini sekitar 5 tahun lalu dan saya kira datang dari bahasa gaul dan ternyata ada sejarahnya yaitu berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. 10K, 200K, 50K itu adalah angka-angka yang kerap kali ditemui ketika berbelanja. Tahukah Anda apa arti satuan 'K' di belakang angka tersebut? Huruf 'K' menjadi penting karena huruf itu merupakan pengganti ribu saat menyebutkan harga atau jumlah. Lalu, kenapa 'K' bisa mempunyai arti tersebut? Usut punya usut, Dikutip dari laman Merriam-Webster, satuan 'K' memiliki kepanjangan kilo. Kilo digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités). Misalnya dalam mengukur jarak, 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. Kata kilo berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan, digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak.
💬

Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

Aplikasi remote TV menggunakan Smartphone Android selama ini saya sangka hanya berfungsi untuk jenis Smart TV saja dan rupanya bisa juga untuk TV jadul, prosesnya kurang lebih begini:

Kalau untuk Smart TV (Tv yang tipis) cara kerja remotnya menggunakan perantara WIFI atau jaringan internet.

Sedangkan untuk TV jadul (Tv yang tebal) cara kerja remotnya menggunakan perantara Infra Merah (infrared).

Infrared terkadang oleh pihak aplikasi disebut dengan IR.

Jadi untuk dapat menggunakan Aplikasi Remot ini pada TV jadul terlebih dulu kita harus memastikan bahwa Ponsel Android kita memiliki fungsi infrared, jika fungsi ini tidak ada maka kemungkinan tidak bisa.

Cara mengecek Ponsel kita apakah memiliki fungsi infrared bisa kita lihat diatas Body Ponsel kalau ada bulatan kecil kemungkinan itu adalah infrared tapi untuk lebih pasti lebih baik ketik saja dipencarian google, misalnya: "Apakah hp Android Redmi 5 memiliki infrared"

Jika Ponsel kita mendukung infrared selanjutnya silakan download Aplikasi Remot di PlayStore, saya sarankan download yang ini karena saya cuma mencoba app yang ini. https://play.google.com/store/apps/details?id=codematics.universal.tv.remote.control

Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

Selanjutnya buka Aplikasinya dan pilih "IR (IR TV Remotes) lalu pilih merek TV sesuai merek TV kita, untuk lebih cepat ketik saja merek TV-nya dikolom pencarian yang tersedia dan pilih.

Setelah itu silakan coba, mungkin akan ada sedikit kendala kecil yaitu sepertinya remot ini hanya dapat berfungsi jika menu remotnya di set ke angka.

Cara set ke angka, lihat dua gambar berikut. Tap pada menu yang di tunjuk tanda panah untuk beralih ke mode angka. 

Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

Aplikasi Remot Untuk TV Jadul dengan IR Ponsel Android

Ya sudah begitu saja selesai silakan coba, tap tombol merah untuk menghidupkan/mematikan TV, dan tap tombol-tombol lainnya untuk fungsi lainnya.

Salah satu kelemahannya sepertinya saat penggunaannya antara infrared ponsel harus disejajarkan dengan mode sensor/standbye TV agar dapat berfungsi maksimal, berbeda dengan remot fisik walau tidak sejajar tetap berfungsi.

Tapi lumayanlah kelemahannya hanya harus "disejajarkan saja" mungkin kelemahannya ini hanya terjadi di Redmi 5 saja atau dengan kata lain bisa saja ponsel tipe lain sensor infrarednya jauh lebih baik sehingga dapat berfungsi maksimal walau tidak sejajar.

Ya itu tadi, lumayan dibanding remot fisik tidak repot ganti baterai, saya bahkan untuk remot TV jadul bukan hanya ganti baterai saja tapi pernah ganti remotnya sampai 3x karena rusak, jadi ya minimal Aplikasi Remot ini bisa jadi alternatif, kan terkadang remot juga bisa terselip dimana gitu, kelindes bantal dll tapi kalau remot dan ponselnya ngumpet berbarengan gatau deh hihi.

Btw tutorial diatas khusus TV jadul saja sedangkan untuk Smart TV silakan coba sendiri saja guys, selamat mencoba!

Komentar



  1. Waah menarik juga nih Huu...Cuma masalahnya jarang yee ponsel sekarang pake Infrared. Tahu ponsel gue ada apa nggak belum cek Huu...😁😁

    Itu merek TVnya berserta typenya Huu, Atau nggak? Misalnya merek Samsung Type berapa.🙄🙄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga huu.. sekalian tipenya atau ngga tapi banyak merek asing disana, kemungkinan salahvsatunya itu adalah tipenya, tapi kata yg punya aplikasi kalau TV kita ga ada disana bisa request sama dia.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts

Cara Membuat Efek Video Orang Menghilang, Pindah Tempat, atau Terbang

Beberapa tips dan trik berikut ini saya ketahui dari menonton di TV yang kemudian saya tulis disini yaitu cara membuat efek video orang yang seolah terbang, pindah tempat, dan menghilang seperti magic atau efek di film. Lumayan sebagai ajang kreasi buat yang hobi share video di medsos. Siapa tau dengan membaca ini bisa membuka inspirasi untuk menemukan hal yang lebih baru lagi daripada ini. 1. Cara membuat video orang yang seolah terbang. Caranya silakan buat video anda sedang melompat-lompat kedepan beberapa kali seperti Kanguru. Hasil video rekaman dari melompat itu kemudian di edit dan dipotong menggunakan aplikasi pada bagian kaki yang menapak ketanah lalu gabungkan kembali hasil bagian-bagian potongan video yang "tanpa kaki" tersebut dan lihat hasilnya tampak seperti seolah terbang. Itu karena kaki yang menapak ketanah sudah di potong menggunakan aplikasi jadi tampak seperti sedang melompat/terbang. 2. Cara membuat video orang yang seolah pindah tempat atau mengh

Halaman Alternatif dengan Tag Kanonis yang tepat

Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat dengan Status: Dikecualikan. Kurang lebih begitulah kalimatnya dari cakupan data blog kita jika dilihat di Search Console. Salah satu penyebabnya adalah komentar di blog. Dari misalnya url postingannya begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html Berubah menjadi begini: https://jaeyzone.blogspot.com/2019/04/10-hal-seputar-mimpi-basah-yang-mungkin.html?showComment=1554698065783 Semakin banyak komentar dipostingan maka semakin banyak pula url semacam itu dengan ID berupa angka yang berbeda2 yang memicu semakin banyak "Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat, Status: Dikecualikan" di Search Console. Pada dasarnya url beranak pinak dan berubah2 semacam itu kurang baik buat Seo blog jika tidak dicegah dengan "tag kanonis". Tapi tenang itu tidak membahayakan blog di mesin pencari karena hal ini sudah ditangani oleh Blogger yang artinya disetiap duplikat komentar semacam

Cara kembalikan Pengaturan "Aksi lengkap memakai" ke Default di Android

Terkadang saat akan membuka suatu file misal ketika membuka video atau lainnya akan muncul tulisan "Aksi lengkap memakai" dan kita diminta memilih "Selalu" atau "Sekali saja". Kalau memilih Selalu, info tulisan tersebut tidak akan muncul lagi dan video akan selalu diputar dengan aplikasi pemutar video yang telah kita pilih. Namun, mungkin kita memiliki aplikasi pemutar video lebih dari satu dan ingin menggunakan pemutar video yang lainnya tapi karena telah memilih "Selalu" maka tidak bisa lagi. Untuk itu maka kita harus menghapus "Hapus Default" atau mengembalikan pengaturan tersebut seperti semula agar saat ingin memutar video akan muncul "Aksi lengkap memakai" dan kita bisa memilih ingin memutar video dengan pemutar video yang mana dari beberapa pemutar video yang ada. Haha.. Jujur saja saya pernah kesal lho gara2 itu. Sebetulnya petunjuknya sudah ada saat akan memilih "Selalu" tapi karena terburu2 biasanya tidak s