Skip to main content

Cara Manual Tambahkan Data Login Situs dan Aplikasi di Google

Selama ini biasanya penambahan data login akan tersimpan secara otomatis ke akun google kita, google biasanya akan menawarkan apakah kita ingin menyimpan data login (yakni nama pengguna dan password)? penawaran ini biasanya muncul ketika terdeteksi kita sedang login di suatu situs atau setiap selesai mendaftar di suatu situs.

Sekarang atau baru-baru ini saya lihat, penyimpanan tidak hanya dapat dilakukan secara otomatis saja tapi juga secara manual.

Dan tidak terbatas menyimpan data login dari suatu situs saja tapi juga data login dari aplikasi Android manapun.

Ini memudahkan dan gratis, setau saya layanan "Pengelola Sandi" ini di luar dari layanan google sangat mahal sekali alias berbayar, jadi terimakasih buat google yang telah menyediakan layanan Pengelola Sandi secara gratis dengan kualitas yang saya perkirakan lebih bagus dari layanan berbayar. Tapi ini kita memuji-nya bisik-bisik saja ya, saya kuatir kalau google dipuji dia malah ikutan mengenakan biaya atas layanannya ini, hihi.

Cara Menambahkan Data Login Situs atau Aplikasi Secara Manual di Google.

1. Pergi ke akun google milik kita atau jika di Chrome silakan klik ikon gambar profile email kita lalu klik "Kelola Akun".
2. Pilih Keamanan.
3. Pilih Password.
Cara Manual Tambahkan Data Login Situs dan Aplikasi di Google

4. Klik ikon plus + dan pilih apakah ingin menyimpan data login "situs" ataukah "aplikasi".
Cara Manual Tambahkan Data Login Situs dan Aplikasi di Google

5. Lalu tambahkan nama pengguna dan password dari situs/aplikasi yang ingin ditambahkan, selanjutnya klik Simpan.
6. Selesai.

Selama alamat email tempat kita menyimpan data login ini tersinkron di Pengaturan Android maka setiap akan login ke suatu situs/aplikasi data loginnya akan terisi secara otomatis, jadi tak perlu repot mengetikkan data login lagi karena sudah terisi secara otomatis.

Ya saya rasa semua pembaca sudah paham maksudnya, karena Pengelola Sandi ini salah satu layanan google yang sudah ada sejak lama di google jadi tentu sudah pada kenal dengan fitur tersebut, di tulisan ini saya hanya meng-infokan bahwa sekarang dapat menyimpan data login secara manual, itu saja.

Comments