Skip to main content

Cara Menganalisa "Aplikasi Penghasil Uang" Apakah Mustahil atau Tidak!

Aplikasi penghasil uang atau disebut juga aplikasi kaum rebahan, dengan bermacam-macam nama.

Sebuah aplikasi yang memberikan tugas pada penggunanya, tugas berupa:

- Membaca (umumnya pakai timer).
- Bermain (umumnya putar roda, dll)
- Mendownload aplikasi/game.
- Menonton iklan.
- Survey (terkadang).
- Dll.

Setiap tugas biasanya mendapat imbalan koin dan koin ini dapat dikonversi ke mata uang, misalnya 1 koin = Rp. 1 atau 1000 koin = Rp. 1, suka-suka pemiliknya menentukan konversinya.

Dari jaman Symbian sampai jaman Android sekarang ini saya perhatikan ada saja peminatnya dan mungkin peminatnya banyak, terlihat dari jumlah unduhan di Play Store, dan situs-situs media besar juga sering mengulas ini, merekomendasikan app ini dan itu.

Di Play Store rata-rata pengomentar kecewa dengan aplikasi semacam ini dan sebetulnya aplikasi semacam ini sudah sejak lama mendapat reputasi buruk terlihat dari rata-rata pengomentarnya yang memaki-maki haha.. tapi peminatnya tampaknya masih saja banyak dan seperti saya katakan diatas situs-situs media besar juga sering mengulas ini merekomendasikan app ini dan itu.

Saya sendiri sudah mencoba berpuluh-puluh aplikasi semacam ini untuk dicoba barangkali memang ada yang bagus buat di share di blog, selain itu saya juga menganalisa skemanya untuk ditiru barangkali suatu saat saya mau membangun usaha serupa itu juga wkwk dan lebih jauh saya juga mengamati apakah ini mengandung unsur judi, MLM ataukah tidak, kalaupun iya gapapa juga sih bukan urusan saya haha.

Jadi karena begitu banyaknya pengguna yang tampaknya kecewa, saya berinisiatif berbagi Cara Menganalisa "Aplikasi Penghasil Uang" Apakah Mustahil atau Tidak! tujuannya agar pengguna tidak melangkah terlalu jauh dan akhirnya kecewa serta merasa membuang-buang waktu.

Sebetulnya para penggunanya saya yakin sudah pada paham dengan aturan yang diterapkan pemilik aplikasinya hanya saja memang banyak hal samar-samar yang menjebak.

Cara Menganalisa:

1. Umumnya begitu pengguna masuk ke aplikasi akan disuruh menarik Rp. 200-, ke Dompet Digital, ini sepertinya untuk menunjukkan bahwa penarikan tidak banyak syarat serta cepat.

Itu sebagai penarikan pertama, Silakan fokus perhatikan pada penarikan kedua apakah batas total koin penarikan kedua sebanding dengan ketersediaan koin yang dikumpulkan?

Begini, misal batas penarikan kedua harus mengumpulkan 1.000.000 koin misalnya, baru dapat dilakukan penarikan.

Bandingkan dengan perkiraan koin yang akan di dapat dari tugas:

- Membaca.
- Bermain.
- Mendownload.
- Menonton video.
- Survey.
- Dll.

Jika misalnya total koin yang didapat dari berbagai tugas diatas tidak memungkinkan, misal hanya mampu mengumpulkan 1000 koin perhari, butuh waktu berapa lama baru terkumpul sampai 1.000.000 koin? ini jelas mustahil. Sebelum melanjutkan lebih jauh lebih baik berhenti karena itu sudah tak masuk akal.

2. Perhatikan juga apakah syaratnya hanya mengumpulkan koin saja ataukah ada syarat lain? Ini penting, biasanya ada syarat lain yang tak terlihat misalnya harus mengumpulkan sekian kupon atau berlian atau jenis-jenis lainnya.

Jadi meskipun misalnya sudah mengumpulkan 1.000.000 juta koin tapi jika belum mengumpulkan sejumlah kupon/berlian maka tidak bisa dilakukan penarikan. Jadi sangat penting untuk memahami syarat penarikan ini.

Ini bisa dibilang modus baru dari Aplikasi Penghasil Cuan dan sering membuat penggunanya terkecoh dan kecewa yaitu tidak hanya mengumpulkan koin saja tapi juga ada hal lain yang harus dikumpulkan seperti misalnya kupon atau kadang dinamainya berlian dll. Jadi ketika misalnya harus mengumpulkan kupon juga selain koin maka silakan lihat apakah mudah mendapatkan kupon? jika sulit sudah hampir pasti ini mustahil dilanjutkan jadi jangan dilanjutkan agar tidak kecewa.

Kesimpulannya:

1. Pahami baik-baik syarat penarikan.
2. Perkirakan apakah mudah mendapatkan koinnya.
3. Pahami soal konversi. Misal seperti gambar dibawah ini 200.000 poin bernilai Rp. 1000,-

Cara Menganalisa "Aplikasi Penghasil Uang" Apakah Mustahil atau Tidak!

Aplikasi semacam ini mungkin saja akan menghasilkan uang dengan catatan pengguna harus memiliki banyak referral/pengikut yang mendaftar melalui dirinya, kalau tidak punya pengikut maka besar kemungkinan akan mustahil mendapat uang dari app semacam ini.

***

Namun disisi lain buat pembaca yang mungkin ingin membangun bisnis sampingan wkwk, membuat aplikasi semacam ini sepertinya cukup menjanjikan.

Dalam aplikasi semacam ini biasanya bertumpuk sejumlah iklan dari berbagai platform periklanan dan bermitra dengan berbagai aplikasi lain untuk mempromosikan aplikasi mereka disana, jadi bayangkan pendapatan dari pemilik aplikasi ini.

Apakah pembuatan aplikasi semacam ini sulit dan membutuhkan modal besar? Sepertinya tidak juga, perkiraan saya modal terbesarnya pada penyewaan server/hosting.

Letak sulitnya mungkin yaitu persyaratan memasang iklan kedalam aplikasi mungkin sama sulitnya seperti persyaratan memasang iklan ke akun Youtube, mungkin ya saya hanya menduga.

***

Agan apakah punya cara lain menganalisa Aplikasi Penghasil Uang ataukah Agan tertarik ingin membuat Aplikasinya? 🤣

Comments