Skip to main content

Script JavaScript Pengalihan Halaman

Cara membuat kode script JavaScript pengalih halaman atau redirect page.

Dengan script ini kita bisa mengalihkan satu domain ke domain lain (berguna untuk subdomain gratis yang tak bisa diutak-atik), atau dari halaman lain ke halaman lain, baik dalam sesama host (tempat/web/blog) maupun ke host lain.

Misalnya mengalihkan alamat web/blog "A" ke web/blog "B".

Atau mengalihkan url post Blog A ke url post di Blog B.

Cara kerjanya adalah ketika url post Blog A di-klik akan teralihkan ke url post di Blog B.

Secara default kode JavaScript pengalihan halaman seperti berikut ini:

<script type='text/javascript'>
var d='https://jaeyjoke.blogspot.com';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://jaeyzone.blogspot.com' + window.location.pathname;
</script>

Jika dibaca, script diatas kurang lebih berbunyi: menimpa/mengalihkan https://jaeyjoke.blogspot.com ke lokasi https://jaeyzone.blogspot.com

Kode diatas hanya berfungsi untuk mengalihkan dari satu domain/subdomain ke domain/subdomain lainnya.

Untuk mengalihkan dari satu url ke url lainnya, misalnya https://jaeyjoke.blogspot.com/2022/30/jaey-tamvan.html ke lokasi https://jaeyzone.blogspot.com/2022/30/jaey-cool.html maka tinggal ubah saja alamat pada kode default diatas.

Sekali lagi, itu hanya berlaku untuk pengalihan satu url saja.

Lalu bagaimana ketika ingin mengalihkan banyak url dengan alamat berbeda-beda, tentu kita tidak mungkin membuat kode sebanyak-banyaknya, seumpama url yang akan dialihkan ada 300 buah, masa iya kita membuat kode sampai 300 buah juga, tentu tidak.

Untuk dapat mengalihkan banyak url kita perlu menambahkan Kode/Tag pendeteksi url halaman atau disebut juga kode untuk menampilkan url halaman.

Kode script untuk menampilkan url halaman secara umum tidak kita bahas disini.

Disini kita akan membahas Tag menampilkan url halaman di Blogger saja.

Di Blogger, Tag global untuk menampilkan url halaman adalah <data:blog.url/>
Memasang scriptnya boleh ditempatkan dimana saja dalam template.

Dan, Tag khusus untuk menampilkan url post adalah <data:post.url/>
Dan ini memasang scriptnya hanya ditempat tertentu saja.

Silakan pilih salah satu sesuai keperluan, anggap saja kita sepakat memilih ini <data:blog.url/>

Tag <data:blog.url/> jika dimasukkan kedalam JavaScript perlu diubah sedikit menjadi + data:blog.url + dan tanda petik (') diubah menjadi &#39; tujuannya agar kodenya selaras.

<script type='text/javascript'>
var d=&#39;+ data:blog.url +&#39;;
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, &#39;&#39;);
location.href = &#39;https://jaeyzone.blogspot.com&#39; + window.location.pathname;
</script>

Jika dibaca, script diatas kurang lebih berbunyi: url apapun yang ada di blog ini silakan timpa memenjadi alamat https://jaeyzone.blogspot.com dan alihkan ke lokasi https://jaeyzone.blogspot.com

Seumpama script diatas dipasang ke dalam template di https://jaeyjoke.blogspot.com maka url lokal yang berawalan 'jaeyjoke' pada blog tersebut akan berubah menjadi 'jaeyzone' ketika di-klik, hanya url lokal saja yang berubah, seumpama ada url lain misal url facebook.com, dll diblog tersebut, tidak ikut berubah.

Script diatas dapat dipasang ke dalam template diantara <head>..disini..</head>. Cara Tambahkan CSS dan HTML di Template Blogger

Script JavaScript redirect page

Selesai..

Perkiraan kegunaan dari JavaScript pengalih halaman:

1. Kebetulan https://jaeyjoke.blogspot.com ini di blokir oleh FB, tidak boleh dibagikan ke FB, dengan alasan melanggar ketentuan komunitas FB, menurutnya kata JOKE pada subdomain tersebut mirip artinya dengan hoax, jadi dianggap penyebar hoax. Diakali dengan short-link tidak bisa, satu-satunya cara memang harus berganti domain/subdomain tapi jika "malas atau alasan lain" maka saya rasa metode pengalihan ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi domain yang diblokir FB. Dengan cara membuat blog baru dan tempatkan kode diatas di blog baru tersebut (tapi belum saya coba).

2. Kebetulan juga saya menggabungkan 3 blog menjadi satu. Dengan memanfaatkan kode pengalihan ini, visitor dari blog lainnya dapat ikut diarahkan ke blog ini, artinya kita tidak akan kehilangan visitor dari mesin pencari.

3. Seumpama Blogspot tutup atau karena hal lain dan "kita" berpindah ke platform lain atau memiliki host pribadi, saya rasa kode pengalihan ini juga dapat dimanfaatkan namun dengan cara pemasangan yang berbeda, blog yang sudah tutup misalnya biasanya url-postnya akan tetap tersimpan dalam waktu tertentu di pencarian Google dan tidak benar-benar dihapus dalam waktu tertentu, cara pengalihan ini hanya berlaku jika menggunakan domain berbayar. Kita berasumsi blog lama dan blog baru memiliki format url berbeda sehingga diperlukan pengalihan.

4. Ketiga hal diatas berlaku untuk dari satu blog ke blog lain, namun jika hanya ingin melakukan pengalihan internal kita tidak memerlukan kode diatas karena khusus pengalihan internal sudah disiapkan oleh Blogger. Semisal untuk pengalihan 404, broken-link, dll. Cara Membuat Pengalihan Khusus Di Blogger

Catatan: Saya hanya belajar kode secara otodidak, jadi harap maklum seumpama kodenya tidak sesuai penulisan JavaScript yang benar, yang saya tau kodenya berfungsi dengan baik.

Comments