Skip to main content

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogger

Google Analytics menurut Google Support berguna untuk mencari tahu asal pembaca dan apa yang mereka baca di blog kita.

Sederhananya mungkin dengan mengetahui asal pembaca dan apa yang disukai pembaca maka kita dapat membuat konten berdasarkan apa yang disukai pembaca.

Saya mendaftar ke Google Analytics ini dulunya hanya buat gaya-gayaan saja, tertular karena sebagian besar para Blogger/MWB jaman dulu menggunakannya, jadi saya ikutan juga, wkwk.

Dan karena dulunya pernah mendaftar jadinya sekarang ini saya mendapat email berkali-kali di suruh untuk pindah ke Google Analytics (GA) yang baru yaitu Google Analytics 4 (GA4), sedangkan yang lama bernama Universal Analytics (UA).

Tapi sayangnya ponsel saya tidak bisa mengakses web GA, selalu blank alias halaman kosong jadi saya tertunda untuk pindah ke yang baru, sementara email terus memperingatkan bahwa UA akan ditiadakan dan diganti dengan GA4.

Dan baru-baru ini entah kenapa pas saya mendapat email lagi dan pas saya klik ternyata ponsel saya akhirnya bisa masuk ke web GA. Jadi langsung saja saya urus biar tidak mendapat email lagi, hehe.

Bagi yang ingin Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogger, langkah-langkahnya kurang lebih seperti berikut:

1. Kunjungi https://analytics.google.com/

2. Bagi yang pernah membuat properti di "Google Universal Analytics (UA)" cukup klik saja hubungkan ke GA4 maka otomatis UA akan menjadi GA4.

Tapi jika belum pernah membuat properti samasekali maka perlu membuat "Properti Baru", masukkan Nama properti (nama terserah), tambahkan Alamat situs, lalu klik Buat, sudah itu saja dan salin ID-nya, contoh ID-nya diawali huruf "G" seperti ini G-J43YC00L.

3. Ganti ID dalam kode berikut dengan ID milik anda. 

<script async='async' src='https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=Ganti-dengan-ID-anda'/>
<script>//<![CDATA[
window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'Ganti-dengan-ID-anda'); //]]>
</script>

Kode sensitif, jangan sampai synthax-nya berubah, syntax seperti tanda ini ' terkadang berubah menjadi #&39; 
Kita tambahi //<![CDATA[ dan penutupnya //]]> bertujuan agar synthaxnya tidak berubah.

4. Salin kode diatas dan tempel secara manual ke Template.

Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogger

Kunjungi Tema > Edit HTML > tempelkan kode diatas diantara <head> dan </head> lalu Simpan.

5. Setelah itu, Kunjungi kembali https://analytics.google.com/

Pada "Alat penyiapan" klik titik-tiga dan pilih "Sudah diselesaikan"

Mungkin akan muncul tulisan "Aliran data tidak ada." Biarkan saja, itu karena belum 24 jam.

6. Jadi, Tunggu selama 24 jam untuk menampilkan aliran data secara otomatis berupa darimana asal pembaca dan apa yang mereka baca di blog kita, dll. Selesai!

Keterangan tambahan:

* Untuk Universal Analytics (UA), kolom tempat memasukkan ID-nya sudah disediakan Blogger di halaman "Setelan" tapi sayangnya untuk ID GA4 kolomnya tidak disediakan, jadi kita harus memasukkannya Kode ID-nya secara manual melalui Template seperti pada langkah-4 diatas.

* Kode diatas khusus untuk Blog Blogger sedangkan untuk non-blogger coba kode berikut.

<!-- Google tag (gtag.js) -->
<script async src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=Ganti-dengan-ID-anda"></script> <script> window.dataLayer = window.dataLayer || []; function gtag(){dataLayer.push(arguments);} gtag('js', new Date()); gtag('config', 'Ganti-dengan-ID-anda'); </script>

Atau ambil langsung kodenya di web Google Analytics dibagian "Aliran data".

* Google Analytics dapat dihubungkan ke Search Console untuk melihat aliran datanya di Search Console jadi tidak perlu ke Google Analytics jika hanya untuk melihat aliran data.

* Berhubung UA akan ditiadakan maka UA di Setelan Blogger dan juga di Search Console dapat di hapus saja karena kita sudah pakai yang baru yaitu GA4.

Demikian Cara Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogger, saya tidak tau apakah itu cara yang benar ataukah tidak, harap maklum guys saya cuma pakai ponsel tapi cara itu berhasil sih, berfungsi dengan baik.

Jika hasil pemasangan/install Google Analitics dilihat melalui Search Console Insights, kurang lebih penjelasannya seperti berikut.

Grafik ringkasan


Pelajari tren performa konten di situs Anda dalam 28 hari terakhir.

Mengapa ini menarik?

• Pahami kunjungan halaman konten di situs Anda setiap hari, seperti hari-hari apa saja yang mendapatkan kunjungan lebih banyak/lebih sedikit.

Memahami data Anda

• Kunjungan - Banyaknya kunjungan yang diperoleh konten di situs Anda.

• Waktu engagement rata-rata - Total waktu rata-rata pengguna berada di situs Anda untuk melihat atau membaca konten di dalamnya selama 28 hari terakhir.

• Jika kunjungan halaman Anda mengalami kenaikan atau penurunan yang signifikan, coba kaitkan dengan suatu hal yang Anda rasa menjadi penyebabnya. Misalnya, kenaikan dapat disebabkan oleh konten baru yang Anda publikasikan atau konten lama yang tiba-tiba menjadi populer.

• Jika Anda mengalami perubahan signifikan dalam total kunjungan halaman situs atau rata-rata durasi kunjungan halaman, pikirkan apakah hal tersebut berkaitan dengan perubahan besar yang Anda lakukan dalam 28 hari terakhir dibandingkan dengan periode sebelumnya

Konten baru Anda


Lihat konten situs mana yang mendapatkan kunjungan pertamanya dalam 28 hari terakhir. Konten diurutkan berdasarkan keterkinian, dan harus memiliki setidaknya beberapa kunjungan agar muncul. (Ini adalah perkiraan terbaik kami berdasarkan data Google Analytics Anda.)

Menjelajahi konten tertentu

• Klik salah satu baris untuk melihat insight menarik lainnya

Memahami data Anda

• Badge rata-rata durasi tinggi - Konten yang menurut kami memiliki rata-rata durasi yang tinggi dibandingkan dengan beberapa konten lain di situs Anda. Ini mungkin konten yang menarik bagi audiens Anda.

• Kunjungan - Banyaknya kunjungan yang diperoleh konten di situs Anda.

• Waktu engagement rata-rata - Total waktu rata-rata pengguna melihat atau membaca konten tertentu dalam 28 hari terakhir.

• Jika performa konten tidak seperti yang diharapkan, Anda mungkin perlu menyempurnakan konten tersebut atau meningkatkan awareness audiens terhadap konten Anda di grup media sosial, forum, dan situs yang relevan.

Link perujuk dari situs lain


Pahami bagaimana pengguna menemukan konten Anda dengan melihat halaman yang terhubung ke konten Anda dari situs lain. (Ini adalah perkiraan terbaik kami berdasarkan data Google Analytics Anda dan mungkin tidak menyertakan 100% data yang didapatkan oleh saluran Referral.)

Memahami data Anda

• Link perujuk teratas - Link perujuk mana yang menghasilkan kunjungan halaman paling banyak.

• Link perujuk terbaru - Link perujuk baru dalam 28 hari terakhir, yang diurutkan berdasarkan keterkinian. Selain itu, link ini menunjukkan tanggal saat konten Anda dikunjungi untuk pertama kalinya dari link perujuk.

• Kunjungan - Banyaknya kunjungan yang diperoleh konten di situs Anda.

• Waktu engagement rata-rata - Total waktu rata-rata pengguna berada di situs Anda untuk melihat atau membaca konten di dalamnya selama 28 hari terakhir.

• Cari tahu link perujuk mana yang menghasilkan kunjungan halaman paling tinggi atau memiliki durasi rata-rata yang relatif tinggi, atau cukup tinjau link perujuk terbaru.

• Pelajari lebih lanjut audiens dan minat mereka, klik link berwarna biru yang muncul untuk mengunjungi halaman yang merujuk pengguna kembali ke konten di situs Anda. Pelajari lebih lanjut halaman perujuk, lihat komentar pengguna jika relevan, atau ucapkan terima kasih kepada penulis halaman tersebut. Jika Anda tidak melihat link ke situs Anda di situs mereka, kemungkinan link tersebut telah dihapus, atau situs tidak melaporkan URL halaman perujuk yang tepat. Jika demikian, cari situs untuk topik atau link yang terhubung dengan situs Anda.

Google Penelusuran


Pahami bagaimana pengguna dapat menemukan konten Anda di Google Penelusuran dan kueri penelusuran konten Anda mana saja yang paling populer dan trending dalam 28 hari terakhir.

Memahami data Anda

• Kueri penelusuran - Yang ditelusuri pengguna di Google sebelum mengklik hasil yang mengarahkan mereka ke konten situs Anda.

• Klik – Berapa kali pengguna mengklik link ke situs Anda dari Google Penelusuran. Perlu diketahui bahwa satu klik dapat menghasilkan beberapa kunjungan halaman jika pengguna membaca sejumlah artikel.

• Posisi rata2 – Posisi rata-rata konten situs Anda di hasil penelusuran Google untuk kueri penelusuran tertentu.

• Kueri penelusuran teratas - Kueri yang memiliki jumlah klik paling banyak.

• Kueri penelusuran trending - Kueri yang memiliki jumlah klik paling banyak hari ini dibandingkan 28 hari sebelumnya.

• Kunjungan - Banyaknya kunjungan yang diperoleh konten di situs Anda.

• Waktu engagement rata-rata - Total waktu rata-rata pengguna berada di situs Anda untuk melihat atau membaca konten di dalamnya selama 28 hari terakhir.

• Identifikasi pertanyaan dan topik khusus yang diminati audiens Anda dan gunakan hal ini sebagai inspirasi untuk menyempurnakan konten yang ada atau membuat konten baru.

• Untuk kueri yang menurut Anda dapat meningkatkan posisi Anda, sempurnakan konten yang ada dengan lebih banyak informasi atau pengalaman pengguna yang lebih baik.

Saluran traffic teratas


3 saluran (cara) teratas yang digunakan audiens dalam menemukan konten situs Anda dalam 28 hari terakhir.

Memahami data Anda

• Penelusuran Organik - Semua mesin telusur, seperti Google Penelusuran, Bing, and Yandex.

• Sosial - Media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

• Rujukan - Halaman (link) yang merujuk dari situs lain, termasuk blog dan forum.

• Penelusuran berbayar - Iklan online di mesin telusur.

• Langsung - Umumnya, pengunjung yang membuka situs Anda tanpa mengklik link dari situs, mesin telusur, atau media sosial sebelumnya. Contohnya, dari bookmark browser, atau link yang dikirim dari seorang teman.

• Kunjungan - Banyaknya kunjungan yang diperoleh konten di situs Anda.

• Waktu engagement rata-rata - Total waktu rata-rata pengguna berada di situs Anda untuk melihat atau membaca konten di dalamnya selama 28 hari terakhir.

• Jika Penelusuran memiliki durasi rata-rata yang tinggi, sebaiknya buat lebih banyak konten yang layak seputar istilah penelusuran pengguna yang ditampilkan di kartu berikutnya.

• Jika Anda tidak mendapatkan kunjungan halaman yang cukup dari saluran Sosial atau Rujukan, cobalah menjadi lebih aktif di grup, forum, dan situs tempat audiens mendiskusikan topik yang relevan. Jika relevan, bergabunglah dalam diskusi dan berikan link ke konten situs Anda.

Konten Anda yang paling populer


Pantau konten yang paling populer di situs Anda selama 28 hari terakhir. (Ini adalah perkiraan terbaik kami berdasarkan data Google Analytics Anda.)

Menjelajahi konten tertentu

• Klik salah satu baris untuk melihat insight menarik lainnya

Memahami data Anda

• Badge rata-rata durasi tinggi - Konten yang menurut kami memiliki rata-rata durasi yang tinggi dibandingkan dengan beberapa konten lain di situs Anda. Ini mungkin konten yang menarik bagi audiens Anda.

• Kunjungan - Banyaknya kunjungan yang diperoleh konten di situs Anda.

• Waktu engagement rata-rata - Total waktu rata-rata pengguna melihat atau membaca konten tertentu dalam 28 hari terakhir.

• Dapatkan inspirasi konten yang cocok untuk audiens Anda dengan melihat topik, gaya tulisan, dan lainnya pada konten paling populer di situs Anda.

• Tambahkan link dari konten lama atau yang lebih populer ke konten yang kurang populer untuk membantu pembaca menemukan konten lainnya di situs Anda.

Comments