Skip to main content

Cara Meminta Penghapusan URL dan Gambar dari Hasil Penelusuran

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu Meminta Penghapusan URL dan Gambar dari Hasil Penelusuran melalui Search Console, sebagai mana dijelaskan berdasarkan jenis permintaan berikut ini.

Jenis permintaan; dapat berupa salah satu dari hal berikut:

1. Penghapusan cache usang: Halaman masih ada, tetapi sebagian konten telah dihapus.

2. Menghapus cuplikan halaman pada hasil hingga crawling berikutnya; penelusuran Google untuk konten yang dihapus tidak akan menampilkan halaman ini lagi.

3. Penghapusan halaman usang: Halaman tidak ada lagi, dan telah dihapus dari indeks Google serta hasil penelusuran.

Penjelasan sederhananya dari ketiga jenis permintaan tersebut mungkin seperti ini, apapun yang kita hapus dari blog seperti misalnya menghapus gambar atau postingan dan apapun yang kita hapus tersebut jika sudah terindex akan meninggalkan bekas/cache di hasil penelusuran dan meski tidak tampil di hasil penelusuran namun tetap terdeteksi sebagai bekas oleh Search Console, dan bekas ini tetap di rayapi oleh mesin perayap sehingga menimbulkan laporan error berupa halaman soft 404 atau 404 not found serta jenis eror tidak baik lainnya yang dapat menurunkan performa Blog di mesin pencari. Performa berupa misalnya posting baru menjadi lambat terindex atau posting tenggelam di urutan jauh pada hasil penelusuran.

Tidak selalu begitu sih, Penghapusan halaman usang ini hanya salah satu dari sekian banyak syarat untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Atau dengan kata lain meskipun halaman usang tidak dihapus jika kualitas postingan cukup tinggi performa akan tetap baik. Jadi ini tentang baik dan lebih baik. Pilih mana, baik atau lebih baik?

Apa yang dimaksud dengan Postingan berkualitas? dalam hal ini kriterianya lumayan sulit, yaitu harus benar-benar mematuhi Pedoman Webmaster Google, dan salah satu pedomannya ialah perlu melakukan penghapusan bekas halaman yang sudah dihapus dari blog.

Penting: Berdasarkan yang saya alami, bekas/cache tidak selalu muncul dari gambar atau postingan yang telah dihapus saja melainkan dapat juga muncul dari hal lain yang menimbulkan bekas. Misal muncul dari akibat sering gonta ganti Template, dimana ada beberapa Template yang memiliki struktur berbeda dari yang sebelumnya. Atau dari kesalahan JavaScript yang menimbulkan URL baru, iya JS terkadang bisa membuat url baru secara otomatis, url yang salah tentunya, url yang berpotensi menjadi 404 not found.

Tapi jangan kuatir, itulah gunanya Search Console, dia akan membantu mendeteksi suatu kesalahan. Hal ini dapat kita lihat di Search Console pada halaman "Cakupan" pada bagian "Tidak ditemukan (404)".

Contohnya di blog saya ini, tiba-tiba ada url 404 not found seperti ini:

/p/undefined
/s
/w200-h140-c/

Nah, yang begitu-begitu harus dihapus karena tak berguna. Dugaan saya itu muncul dari kesalahan JavaScript Related Posts jaman dulu, dulu saya sering gonta ganti Related Posts dari berbagai model, pokoknya apa yang di share para Master saya cobain, saya jaman dulu juga sering ganti Template sampai 5x sehari, kenangan yang indah, masih jaman indah-indahnya ngeblog dimasa itu wkwk.

Di Search Console Jenis permintaan penghapusan ada 3 jenis:

1. PENGHAPUSAN SEMENTARA
2. KONTEN KEDALUWARSA
3. PEMFILTERAN SAFESEARCH

Untuk nomor 1 dan 3 belum saya coba, saya hanya mencoba cara nomor 2, dan penjelasan nomor 2 kurang lebih seperti berikut.

Menghapus konten usang dari Google Penelusuran (Konten Kadaluarsa)

1. Alat ini hanya berfungsi untuk halaman atau gambar yang telah diubah atau dihapus dari web.

2. Untuk menghapus informasi pribadi atau konten yang bermasalah dengan hukum tetapi masih berada di halaman, kirimkan permintaan hukum.

Jadi alat tersebut selain berfungsi untuk menghapus bekas halaman atau gambar yang telah diubah atau dihapus dari web juga berguna untuk menghapus informasi pribadi atau konten yang bermasalah dengan hukum tetapi masih berada di halaman, kirimkan permintaan hukum.

Khusus nomor 2 sepertinya tujuannya untuk menghapus foto/video milik kita yang di upload oleh orang lain atau posting kita yang di copas oleh situs lain dapat mengirimkan permintaan hukum seperti pada nomor 2 diatas, tapi ini jika semua itu terindex di mesin telusur mungkin, jika tidak terindex maka bukan urusan dia, sepertinya begitu, saya belum mencoba. 

Kedua alat tersebut di atas sepertinya untuk Publik jadi tidak perlu ke Search Console untuk menggunakannya, namun tetap dapat di pantau dari Search Console, karena setelah mengirim permintaan biasanya statusnya akan muncul di Search Console, statusnya apakah "tertunda" ataukah "disetujui".

Akhirnya kita sampai pada pembahasan inti, Cara Meminta Penghapusan URL dan Gambar di Web/Blog atau Menghapus konten usang dari Google Penelusuran (Konten Kadaluarsa) melalui Search Console. Saya menggunakan ponsel dalam melakukan ini dan berikut urutan langkah-langkahnya:


1. Blog/Web kita harus sudah terdaftar di Search Console, jika belum silakan mendaftar dulu, bagi pengguna Blogger bisa melihatnya di halaman 'Setelan' ada link 'Search Console' disana, silakan mendaftar melalui link itu, sesampainya di Search Console lalu "Tambahkan Properti" dan tambahkan domain/subdomain blog kita dan kirim, selesai.

Baca selengkapnya: Cara Mendaftarkan Website ke Search Console Google

2. Kita berasumsi, kita sudah lama terdaftar di Search Console, kalau baru saja mendaftar maka perlu menunggu 2/3 hari dulu untuk pengumpulan data. Jadi ini berlaku untuk pengguna yang sudah cukup lama terdaftar.

Pada Search Console, pilih "Cakupan" dan pada bagian "Tidak ditemukan (404)" lihat apakah ada URL Tidak ditemukan, jika ada silakan salin url-nya.

3. Tap 'Menu' disisi kiri atas, dan pilih "Penghapusan" lalu ada 3 pilihan yaitu: PENGHAPUSAN SEMENTARA, KONTEN KEDALUWARSA, PEMFILTERAN SAFESEARCH.

Cara Meminta Penghapusan URL dan Gambar dari Hasil Penelusuran

Pilih saja "Konten Kadaluarsa" lalu Tap ikon "tanda tanya" lalu klik pada link "Alat Hapus Konten Lama" selanjutnya tempel url yang disalin tadi dan klik tombol Kirim.

Akan loading sebentar untuk mengecek apakah url yang akan dihapus sudah dihapus dari blog? hanya url yang sudah dihapus dari blog yang boleh dihapus pada alat ini, atau url 404 not found lainnya, jika terdeteksi url masih ada atau belum dihapus maka akan batal dan sebaliknya jika sudah terdeteksi sebagai terhapus maka akan muncul tombol 'oke', lalu klik saja oke dan selesai. Ulangi lagi jika ingin menghapus lebih dari satu url/gambar.

4. Selesai. Tunggu beberapa hari dan lihat kembali di Search Console pada halaman "Penghapusan" bagian "Konten Kadaluarsa" apakah sudah 'disetujui' atau belum. Dari yang saya alami hanya sekitar satu hari langsung disetujui.

Namun meski sudah disetujui dan berhasil menghapus broken link 404 not found ini atau sejenisnya sayangnya tidak serta merta hilang dari laporan data di "Cakupan" bagian "Tidak ditemukan (404)". Data itu masih ada, entah harus menunggu berapa lama lagi agar benar-benar hilang.

Artikel Terkait:

Comments