Skip to main content

Cara Memvalidasi Perbaikan Masalah Cakupan Situs di Search Console

Search Console baru-baru ini melakukan sedikit perubahan pada fitur 'Cakupan' dan membuatnya lebih mudah dipahami.

Sekarang kita dapat langsung melihat berapa halaman tidak diindeks dan diindeks, misalnya:
923 halaman tidak diindeks
204 halaman diindeks

Semua itu berdasarkan laporan keseluruhan halaman di blog meliputi label, arsip, postingan, dll.

Penyebab halaman tidak diindeks?

Halaman yang tidak diindeks tidak dapat ditayangkan di Google dengan alasan, alasan dapat bervariasi tergantung situs tersebut, kalau blog ini ada 7 alasan: 

1. Halaman alternatif dengan tag kanonis yang tepat
Situs web
Belum Dimulai

2. Halaman dengan pengalihan
Situs web
Belum Dimulai

3. Diblokir oleh robots.txt
Situs web
Belum Dimulai

4. Ditemukan - saat ini tidak diindeks
Sistem Google
Belum Dimulai

5. Di-crawl - saat ini tidak diindeks
Sistem Google
Belum Dimulai

6. Tidak ditemukan (404)
Situs web
Belum Dimulai

7. Error server (5xx)
Situs web
T/A

Keterangan:
* Situs web:
Maksudnya mungkin kesalahan bersumber dari blog kita.
* Sistem Google:
Kalau ini mungkin semacam keputusan mutlak ditangan Google.
* Belum Dimulai:
Validasi Belum Dimulai, kalau sudah divalidasi akan berubah menjadi Dimulai.

Umumnya penyebab alasan-alasan diatas berasal dari pengaturan kita di blog terutama pengaturan Cara Mengatur Setelan Robots.txt dan Tag Header Robot Kustom Blogger dan Cara Membuat Pengalihan Khusus Di Blogger

Pengaturan tersebut terkadang berimbas kemana-mana yang mengakibatkan postingan lain (meski tidak diblokir) menjadi sulit terindexs. Tapi perlu diketahui juga penyebab sulit terindexs itu bukan semata-mata faktor robots.txt tapi juga faktor lain semisal kualitas tulisan dan kurangnya promosi.

Sebelumnya saya sengaja memblokir (halaman arsip, label, dan search) dan efeknya 923 halaman diblog ini tidak diindeks dan sekarang saya ingin mencoba kebalikannya, sekarang saya lepas semua blokirnya agar terindexs.

Dulu, memblokir halaman arsip, label, dan search ini dianjurkan karena "tidak berguna" tapi sekarang saya ingin mencoba kebalikannya wkwk. Dan apakah yang akan terjadi? Saat ini saya belum tahu perbandingannya, manakah yang lebih baik diblokir ataukah tidak?

Perkiraan saya butuh waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya atau mengetahui jawabannya sekalipun validasi berhasil. Ada kekawatiran jangan-jangan pas tidak diblokir malah makin banyak errornya nanti? waduh. 

Kesimpulannya, dari sebelumnya saya blokir menggunakan robots.txt dan kemudian saya lepas blokirnya. Semua proses ini dapat disebut sebagai "Perbaikan" dan selanjutnya setelah Perbaikan maka diperlukan Validasi.

Cara Memvalidasi Perbaikan Masalah Cakupan Situs

1. Pada halaman "Cakupan" di Search Console. Klik salah satu dari alasan penyebab, misal klik pada nomor 3 diatas yaitu "Diblokir oleh robots.txt".

Sebelumnya pada blog kita terlebih dulu harus dipastikan tidak ada halaman yang Diblokir oleh robots.txt atau dengan kata lain tidak ada yang Dikecualikan oleh tag ‘noindex'.

Yang saya lakukan untuk memastikan tidak ada halaman yang diblokir adalah dengan menghapus bagian "Disallow: /search" pada robots.txt dan menonaktifkan semua tombol conteng pada Tag Header Robot Kustom di setelan Blogger.

2. Jika sudah yakin tidak ada yang Diblokir oleh robots.txt di blog kita maka langsung saja klik tombol "Validasi Perbaikan". Seperti contoh gambar berikut.

Cara Memvalidasi Perbaikan Masalah Cakupan Situs di Search Console

Setelah selesai memvalidasi biasanya akan muncul pemberitahuan di inbox Search Console dan Email pemberitahuan yang kurang lebih kalimatnya seperti berikut.

Yth. pemilik jaeyzone.blogspot.com,

Google mulai memvalidasi perbaikan masalah Cakupan di situs Anda. Khususnya, kami memeriksa ‘Dikecualikan oleh tag ‘noindex’’, yang saat ini memengaruhi 53 halaman.

Validasi memerlukan waktu beberapa hari; kami akan mengirimkan pesan kepada Anda saat proses selesai. Anda dapat memantau proses pengujian dengan membuka link di bawah.

3. Selesai. Tunggu saja pemberitahuan berikutnya apakah validasi berhasil ataukah perlu melakukan perbaikan ulang untuk kemudian mengajukan validasi kembali.

Catatan: Posting ini hanya bersifat cerita tentang bagaimana saya memvalidasi perbaikan blog. Saya tidak bertanggung jawab atas tindakan apapun yang anda lakukan setelah membaca posting ini. Silakan belajar pada Panduan Google agar lebih pasti dan saya juga masih dalam tahap belajar disana dengan kata lain apa yang saya posting di blog ini bisa saja salah dan atau segala tutorial khusus hanya untuk blog ini saja, mengingat setiap blog berbeda-beda dalam menangani masalah.

Comments