Skip to main content

Cara Mendaftarkan Website ke Search Console Google

Cara mendaftarkan Website/Blog ke Google Search Console dengan mudah menggunakan ponsel karena tampilan situsnya sudah sesuai ponsel.

Sebelum mendaftar mari kita pahami dulu sedikit tentang Fungsi Google Search Console berikut ini menurut Google Developer.

Search Console adalah alat dari Google yang dapat membantu pemilik situs memahami performa situs di Google Penelusuran, dan mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tampilan di penelusuran demi mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan ke situsnya.

Search Console memberikan informasi tentang cara Google meng-crawl, mengindeks, dan menayangkan situs. Hal ini dapat membantu pemilik situs memantau dan mengoptimalkan performa Penelusuran.

Diantaranya, pemilik situs dapat melihat performa situs seperti kueri atau kata kunci situs kita dan berapa kali itu dilihat serta berapa kali mendapatkan klik dari pengguna mesin telusur hingga menghasilkan kunjungan ke situs kita. Dengan adanya laporan kueri ini kita bisa memperbanyak konten berdasarkan kueri yang paling disukai di blog kita tersebut.

Selain itu, kita juga dapat memantau apa kesalahan blog kita agar dapat kita perbaiki, apakah ada error maupun hal lainnya, berapa buah posting yang terindex dari keseluruhan postingan di blog dan berapa banyak di crawl tapi tidak di index, dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah Cara mendaftarkan Website ke Google Search Console:


1. Menambahkan properti situs.

Kunjungi https://search.google.com/search-console atau bagi pengguna Blogger bisa pergi ke halaman "Setelan" dan temukan link "Search Console" disana, silakan klik dan mendaftar melalui link itu.

Cara Mendaftarkan Website ke Search Console Google

Sesampainya di Search Console, klik Menu di pojok kiri atas dan klik dropdown lalu pilih "Tambahkan Properti".

Akan muncul sembulan seperti gambar berikut.

Cara Mendaftarkan Website ke Search Console Google


#Domain
Semua URL di seluruh https atau http
Properti tingkat domain yang mencakup semua subdomain (m, www, dan sebagainya) dan beberapa protokol (http, https, ftp).
Memerlukan verifikasi DNS.

#Awalan URL
Hanya URL di bawah alamat yang dimasukkan.
Hanya URL di bawah protokol yang ditetapkan.
Hanya mencakup URL dengan awalan yang ditentukan, termasuk protokol (http/https).
Mengizinkan beberapa metode verifikasi.

Atau baca panduan lebih detail di: https://support.google.com/webmasters/answer/34592

Silakan pilih akan menambahkan "Domain" atau "Awalan URL"?

A. Untuk menambahkan subdomain seperti subdomain blogspot misalnya, sebaiknya pilih Domain (bukan Awalan URL), tambahkan dalam kotak dibawahnya, misal "jaeyzone.blogspot.com" lalu klik "Lanjutkan". Sampai tahap ini selesai sudah, subdomain blog blogspot kita akan terdaftar secara otomatis tanpa melakukan apa-apa lagi karena DNSnya otomatis terverifikasi. Namun jika subdomainnya selain dari blogspot maka tetap memerlukan verifikasi.

Bagi yang belum tau ini perbedaan Domain dan Subdomain.
* Contoh subdomain blogspot:
jaeyzone.blogspot.com
* Contoh Domain:
jaeyzone.com
* Contoh subdomain selain blogspot: m.jaeyzone.com, jaey.wordpress.com, jaey.6te.net

B. Untuk menambahkan domain atau subdomain (selain blogspot) boleh memilih Domain atau Awalan URL, tambahkan dalam kotak dibawahnya, misal "jaeyzone.com" atau "m.jaeyzone.com" atau tulis lebih lengkap lagi misal "https://www.jaeyzone.com" atau "https://m.jaeyzone.com" lalu klik "Lanjutkan".

Sampai tahap ini kita akan memverifikasinya terlebih dulu baru akan terdaftar di Search Console. Setelah me-klik "Lanjutkan" biasanya kita disuruh memilih metode verifikasi.

Saya biasa memilih tag kode meta seperti contoh berikut, Google biasanya lebih merekomendasikan verifakasi model meta begini.
<meta name='google-site-verification' content='BlablaU435Kzc-b0Ls_QlcGVkUJECEzbtetIWk06EZBlabla' />

2. Memverifikasi properti yang ditambahkan.

Untuk subdomain blogspot tidak memerlukan verifikasi karena verifikasinya otomatis, jadi untuk mendaftarkan Website ke Google Search Console menggunakan subdomain blogspot cukup pada langkah 1 di atas saja dan selesai.

Tapi jika mendaftar menggunakan domain baik dengan jenis "Domain" ataupun "Awalan URL" tetap membutuhkan verifikasi sekalipun domainnya dipasang di blogspot tetap memerlukan verifikasi.

Jadi yang cepat hanyalah ketika mendaftarkan subdomain blogspot saja.
Sedangkan domain/subdomain diluar dari milik blogspot meskipun diparkir di blogspot tetap memerlukan verifikasi.

Cara nemverifikasi properti yang ditambahkan:

A. Salin tag kode meta yang diberikan oleh Search Console.
<meta name='google-site-verification' content='BlablaU435Kzc-b0Ls_QlcGVkUJECEzbtetIWk06EZBlabla' />

B. Lalu tempel ke antara <head> dan </head> di situs Anda.
Jika di blogspot, tempel kode ke dalam Template, Tema > Panah kebawah > Edit html > dan tempel diantara <head> dan </head>.

C. Setelah kode terpasang silakan kembali ke Search Consele, jika belum terverifikasi, silakan tambahkan ulang domain/subdomain seperti pada langkah nomor 1 di atas maka akan otomatis terdaftar.

3. Mengelola Search Console

Situasi dan kondisi, tunggu pengumpulan data secara maksimal sekitar 1 hari setelah mendaftar untuk melihat Performa, Cakupan, Pengalaman, Kebergunaan Seluler, Data Web inti, Penyempurnaan, Penghapusan, DLL di sana.

Sambil menunggu silakan lakukan beberapa hal berikut:
A. Tambahkan Sitemap.
B. Hubungkan Google Analytics 4.

Jadi untuk mendaftarkan Website ke Google Search Console cukup lakukan 2 langkah diatas yaitu Menambahkan properti situs dan Memverifikasi properti yang ditambahkan. Selesai.

Artikel Terkait:

Comments