Skip to main content

Cara Menyetel dan Fungsi "Setelan Seluler" di Blogger

Salah satu fitur yang ada di Blogger adalah Setelan Seluler, yang berguna untuk menentukan ingin menampilkan tema apa diperangkat apa, apakah ingin menampilkan tema Desktop atau Seluler di perangkat seluler? atau dengan bahasa lain apakan ingin menampilkan tampilan Komputer di perangkat Mobile?

Tema/Template Blogger ada dua jenis, Klassik dan Terbaru. Menyetel tampilan Desktop di perangkat seluler pada Tema Klassik tampilannya akan melebar meskipun di akses menggunakan perangkat ponsel, sedangkan Menyetel tampilan Desktop di perangkat seluler pada Tema jenis Terbaru (seperti tema bernama Contempo, Notable, Soho) maka lebarnya akan otomatis menyesuaikan ketika di akses menggunakan perangkat apapun (Desktop, Mobile, Tablet).

Dari yang saya rasakan, "menampilkan tema Seluler di perangkat seluler." kecepatannya jauh lebih cepat dibanding "menampilkan tema Desktop di perangkat seluler." Ya iyalah.

Selain itu, "menampilkan tema Seluler di perangkat seluler." juga dapat mengubah format url pada blog secara otomatis. Ini yang akan kita bahas.

Misalnya: Dari format url https://jaey.com/ (Url Desktop) jika menyetel dan memilih tema Seluler di perangkat seluler maka akan berubah menjadi https://jaey.com/?m=1 (Url Mobile).

Secara umum saya rasa semua pengguna sudah mengetahui itu, namun hal utama yang ingin saya sampaikan di tulisan ini adalah seingat saya dulu sudah menyetel tampilan blog ini dengan memilih "menampilkan tema Seluler di perangkat seluler." tapi mengapa setelan-nya berubah dengan sendirinya? beberapa hari lalu iseng saya cek ternyata berubah dengan sendirinya menjadi "menampilkan tema Desktop di perangkat seluler".

Bicara soal perubahan URL erat kaitannya dengan SEO Off Page atau mempengaruhi performa blog yang dideteksi/ditandai Search Console sebagai istilah Kanonis, maupun Pengalihan. Kanonis dan Pengalihan ini merupakan hal sensitif, Search Console mengkategorikan kedua hal ini sebagai "kesalahan" atau "dikecualikan".

Perubahan url dari misalnya https://jaey.com/ berubah menjadi https://jaey.com/?m=1 dapat terdeteksi sebagai "Pengalihan" di Search Console dan hal itu mengakibatkan Search Console bekerja keras untuk memilihkan url kanonis terbaik yang akan di tampilkan di Mesin Telusur.

Search Console akan memilih salah satu yang terbaik dari dua url ini.
https://jaey.com/
https://jaey.com/?m=1

Masalahnya dalam menentukan url kanonis pada suatu blog sepertinya Search Console membutuhkan waktu cukup lama, dan dalam kurun waktu penentuan url itu, url blog tidak jelas kanonisnya apa, karena kanonis baru dapat ditentukan setelah terindex, terlebih jika kita berubah-ubah seperti ini yaitu seperti yang saya alami pada fungsi Setelan Seluler ini, beberapa tahun lalu saya setel ke A lalu setelannya berubah dengan sendirinya ke B lalu hari ini saya balikin lagi ke A, bingunglah Search Console pada Blog ini, maunya si Jaey ini apa sih? Kira-kira mungkin begitulah pertanyaan Search Console seandainya dia bisa bicara wkwk. Padahal bukan salah saya tapi salahnya rumput yang bergoyang, hehe!

Saya rasa sudah saatnya Blogger memakai cukup satu format url saja tanpa embel-embel ?m=1

Jaman dulu juga seingat saya terdapat format ?m=0 dan sekarang sudah tidak ada jadi sebaiknya ?m=1 ditiadakan juga supaya "Seo Friendly" wkwk. Dulu ada istilah dalam Seo yaitu Mobile Friendly jadi saya plesetkan menjadi Seo Friendly hehe.

Cara Menyetel "Setelan Seluler" di Blogger

1. Ke halaman Tema.
2. Klik Dropdown dan Pilih Setelan Seluler.

Cara Menyetel dan Fungsi "Setelan Seluler" di Blogger

3. Biasanya akan muncul pertanyaan begini:

Cara Menyetel dan Fungsi "Setelan Seluler" di Blogger

ingin menampilkan tema Desktop atau Seluler di perangkat seluler?

Silakan pilih, saran saya, jika blog anda saat ini sedang bagus-bagusnya ada baiknya jangan memilih, biarkan saja sesuai pilihan yang tertera disana, jangan diubah lagi kuatirnya berpengaruh pada performa blog. Kan sayang misalnya sudah banyak pengunjung dari mesin pencari ke blog kita, jika diubah lagi kuatir performa blog kita menurun di mesin pencari.

Tapi jika memang ingin diubah tentunya lebih baik memilih "menampilkan tema Seluler di perangkat seluler" sesuai kodratnya saja wkwk.

Atau bisa juga mempertimbangkan dengan melihat halaman "Statistik" dan kemudian lihat pada info "Kunjungan halaman menurut Sistem Operasi": Android, Windows, Linux, Macintosh, iPhone, Unix.

Jika pengguna Android paling banyak mengunjungi blog kita itu artinya pengguna blog kita adalah pengguna Seluler jadi pilhlah Tampilan seluler.

4. Konfigurasi tampilan, Pilih tema seluler: Pilih saja Default. Default adalah tampilan bawaan dari Template kita, jika memilih tampilan dari lain artinya memilih tampilan Seluler dari Template lain.

5. Klik Simpan dan Selesai.

Comments