Skip to main content

Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger

Setelah mengkustom domain di Blogger dan menunggu masa propagasi sekitar 24 jam atau bahkan setelah 3 hari maupun sampai berminggu-minggu namun HTTPS tak jua kunjung aktif atau belum muncul, status masih tertunda, atau bahkan tidak tersedia, salah satu alternatif yang dapat kita lakukan sementara ialah menggunakan layanan Cloudflare. Namun sayangnya https dari Cloudflare ini tidak semaksimal seperti yang diberikan Blogger, berikut ini beberapa kekurangannya.

1. Meskipun domain sudah bertuliskan https dan bergembok hijau serta dapat diakses menggunakan https namun sepertinya tetap dianggap sebagai http karena memang hanya sebatas jalur dari Browser ke Cloudflare saja dan berhenti disana tidak diteruskan ke Blogger karena tidak bisa.

Jalurnya begini, dari Browser ke Cloudflare menggunakan https dan jalur lanjutan dari Cloudflare ke Blogger meskipun dapat menggunakan https tapi dianggap masih http. 

2. Setiap blog di Blogger pasti memiliki subdomain bawaan, misal jaeyzone.blogspot.com

Masalahnya Cloudflare tidak mengalihkan jaeyzone.blogspot.com ke jaeyzone.com

Ketika jaeyzone.blogspot.com diakses maka akan dialihkan ke Google, dan Google akan menganggap jaeyzone.blogspot.com tidak di host di Google walau sejatinya di host di Google.

Jalur yang semestinya adalah ketika jaeyzone.blogspot.com diakses harusnya dialihkan ke jaeyzone.com bukan dialihkan ke Google.

Ini akan menjadi masalah ketika di dalam postingan mengandung tautan dari jaeyzone.blogspot.com, jika di klik akan mengarah ke Google bukan mengarah ke jaeyzone.com, lalu apa gunanya mengkustom domain jaeyzone.com

Jadi 2 masalah itu yang akan terjadi ketika mengkustom domain di Blogger menggunakan Cloudflare sebagai penyedia https-nya.

Tapi itu bukan salahnya layanan Cloudflare, itu terjadi sepertinya akibat tabrakan antara Cloudflare dan Blogger.

Diluar dari dua masalah itu Cloudflare sudah sangat bagus dan seperti dikatakan diawal yaitu dapat menjadi Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger.

Apa penyebab HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger?


Sementara ini belum ada jawaban pasti, saya sudah mengubek-ngubek Komunitas Bantuan Blogger untuk mencari solusi dan mengacak-acak pencarian Google barangkali ada yang mengalami hal yang sama tapi saya belum menemukannya.

Dugaan kuat penyebabnya adalah nama dari domain kita. Terkadang meski kita pemilik sah dari sebuah domain namun jika tidak ada sertifikatnya maka nama domain kita dianggap tidak aman, jadi Blogger tidak mau mengambil resiko untuk memvalidasi domain yang belum jelas asal-usulnya wkwk! Sertifikat dalam hal ini sepertinya yang berkaitan dengan data CAA. Saya sedang mempelajari data CAA ini semoga berhasil.

Catatan: Tidak semua domain mengalami hal ini, banyak juga domain yang begitu di kustom langsung aktif https-nya.

Apa saja masalah yang timbul jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif?


Hoho banyak.

1. Jika sudah terindex di Google dari yang sebelumnya terindex sebagai https tiba-tiba berubah jadi http maka blog akan dianggap blog baru dan jika sebelumnya mendapat visitor dari Google visitornya akan hilang.

2. Bagi yang sudah menjalankan Adsense/Mgid juga iklannya tidak akan muncul lagi. Maksud saya seandainya https cepat muncul, kan mudah untuk mempertahankan visitor dengan mengalihkan domain lama ke baru dan dapat mengejar untuk mendaftar Adsense/Mgid lagi, tapi kalau https-nya tidak kunjung muncul maka hilang semua kesempatan.

Kebetulan saya mengamati blog sesama blogger yang sebelumnya sudah terpasang iklan dan ketika dia mengganti domain iklannya hilang dan dia tidak pernah posting lagi mungkin kehilangan semangat, apa yang dibangun bertahun-tahun hancur seketika gara-gara ganti domain.

Jadi untuk meminimalisir kehancuran blog kita dapat memanfaatkan HTTPS dari Cloudflare untuk sementara waktu sambil menunggu Blogger mengaktifkannya untuk domain kita. Toh kekurangannya cuma sedikit yaitu ketika misalnya jaeyzone.blogspot.com diakses tidak dialihkan ke jaeyzone.com

Cuma itu kekurangannya, selama tidak ada tautan dari subdomain bawaan dalam posting kita maka akan aman-aman saja, berbeda dengan blog ini tautan dalam postingannya buanyak wkwk! dan semua tautannya berisi subdomain bawaan dengan url penuh.

Contoh Url penuh:
https://jaeyzone.blogspot.com/2023/01/postingan.html

Contoh Url separoh:
/2023/01/postingan.html

Cara menghubungkan Domain di Cloudflare yang terkostum di Blogger


Sepertinya saya pernah menulisnya, buat yang belum terbiasa silakan baca di post Cara Menambahkan Domain di Cloudflare dan buat yang sudah terbiasa cara ini sama saja seperti ketika menghubungkan Domain dari tempat kita beli domain ke Blogger.

Yang terpenting cara mengelola Domain kita di Cloudflare, kuncinya cuma satu untuk mendapatkan HTTPS dari Cloudflare yaitu saat menambahkan data CNAME dan A record, proxied nya harus di conteng sampai berwarna kuning.

Sudah itu saja, maka domain yang kita kustom di Blogger akan otomatis mendapat HTTPS dari Cloudflare dalam hitungan menit.

Urutannya begini:
1. Kunjungi www.cloudflare.com lalu mendaftar/login.
2. Add site, tambahkan domain kita.
3. Pilih Anual dan Pilih Free.
4. Add record, tambahkan data A record dan CNAME yang diberi oleh Blogger. Jangan lupa saat menambahkan data CNAME dan A record di Cloudflare, Proxied nya harus di conteng sampai berwarna kuning.
5. Dua buah NS (nameserver) yang diberikan oleh Cloudflare silakan pasang ke Penyedia tempat kita beli domain.
6. Setelah terpasang, tunggu sebentar biasanya ada email masuk dari Cloudflare yang mengatakan domain kita sudah aktif.
7. Selesai.

Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger

Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger

Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger

Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger

Alternatif Jika HTTPS Tidak Kunjung Aktif di Blogger

Sudah itu saja, tunggu beberapa menit dan tes apakah situs kita sudah dapat diakses menggunakan https. Untuk pengaturan lainnya biasanya otomatis jadi tidak perlu diutak-atik lagi.

Setidaknya cara ini untuk sementara waktu saja sambil menunggu Blogger mengaktifkan https blog kita, jika Blogger sudah memberi kita https maka sebaiknya gunakan https dari Blogger karena https dari Blogger lebih sesuai untuk blog kita.

Comments