Skip to main content

Cara Membuat Halaman Error 404 (Page Not Found) di Blogger

Cara Membuat Halaman Error 404 (Page Not Found) di Blogger

Secara default halaman 404 ini sudah tersedia di Blogger namun kodenya tidak terlihat di dalam template sehingga tampilannya tidak bisa diedit atau diubah.

Agar tampilannya dapat diubah sesuai hati kita bisa menambahkan sepotong kode berikut ke dalam template.

Berikut ini kode untuk mengatur tampilan halaman 404:

<b:if cond='data:view.isError'>
<!-- Tampilan halaman 404 disini -->
</b:if>

Silakan simpan kode tersebut kedalam template, boleh diletakkan antara tag <head>..</head> boleh juga diatas atau dibawah tag <body>


Kode tersebut dapat dikreasikan sendiri sesuai selera seperti contoh berikut:

<b:if cond='data:view.isError'>
Misalnya, kita dapat menaruh kode html disini, kode css, kode javascript, menampilkan gambar, pesan kepada pengunjung, menambahkan kode pengalihan halaman ke halaman lain atau apapun.
</b:if>

Selesai...

Sesimpel itu cara mengatur tampilan halaman 404. Seperti yang sudah disebutkan diawal halaman tersebut secara default sudah ada di Blogger hanya saja tampilannya apa adanya jadi bagi yang ingin memiliki tampilan berbeda atau untuk keperluan lain bisa menggunakan kode diatas.

Jika tidak ingin repot menambahkan kode tersebut kedalam template maka kita bisa menggunakan cara lain yaitu langsung menerapkan "pesan khusus 404" dan "pengalihan halaman 404" melalui halaman Setelan di Blogger, hanya saja tampilannya akan apa adanya dan tidak bebas mengkreasikannya sendiri.

Demikian dan berikut ini sebagai tambahan terkait halaman 404.

Apa arti dari kode nomor 404?

404 Tidak Ditemukan adalah kode yang ditampilkan karena situs yang diteruskan tidak dapat ditemukan atau alamatnya telah dihapus dan tidak ada lagi. Hal ini juga biasanya disebabkan oleh tautan yang rusak, halaman web yang pindah ke alamat lain, atau pengguna salah mengetik url.

Mengapa saya mendapatkan 404 Halaman Tidak Ditemukan?

Kesalahan 404 adalah peringatan yang muncul ketika browser tidak dapat menemukan halaman atau file yang Anda akses. Konten yang diakses mungkin hilang, diubah, atau rusak, dll. Ketika halaman 404 tidak ditemukan ditampilkan, hal ini berdampak negatif pada pengalaman pengguna pengunjung. Karena mereka tidak bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.

Bagaimana cara mengatasi halaman error 404?

Pada umumnya penyebabnya adalah karena url posting sudah dihapus, atau tersimpan di draft sementara atau salah ketik url sehingga ketika url di klik akan mengarah ke halaman 404. Solusinya adalah dengan membuat url baru yang sama persis dengan yang sudah terhapus tersebut, atau menampilkannya kembali dari draf, atau perbaiki urlnya agar tidak salah ketik, atau alihkan saja ke halaman lain.

Cara manual:

Cara otomatis:
Cara redirect halaman Error 404 ke halaman lain di Blogger?

Jika tidak segera mengambil tindakan, error 404 ini akan berdampak pada kesehatan blog, posting menjadi lambat terindex, dll. Jika sulit melakukan tindakan yang disebutkan diatas dapat juga menghapusnya melalui Search Console.


Bagaimana kalau error 404 ini dibiarkan saja? Tidak mengapa juga sih hanya saja butuh waktu sampai tahunan baru setelah itu blog bisa sembuh dengan sendirinya.

Comments

  1. Replies
    1. Sepertinya Nenek memakai Template made in Sugeng?

      Untuk Template by Sugeng sepertinya sudah ada kode tersebut Nek, jadi tdk perlu ditambahi lagi, takut dobel 😅

      Delete

Post a Comment

Jika ada hal yang kurang jelas, misalnya tips dan trik yang tidak berfungsi, ulasan yang sudah usang, meski mengetahui ada ulasan yang memerlukan pembaruan terkadang kami malas untuk memperbaruinya, jadi silakan tanyakan saja melalui kolom komentar dan akan kita bahas bersama. Regards!